Ketersediaan Air Bersih di Jabar Baru 63%

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Ketersediaan air bersih di Jawa Barat hingga kini baru mencapai angka 63%. Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskimrum) Jabar Bambang Riyanto menyatakan, pihaknya menargetkan ketersediaan air bersih hingga 100% pada 2018 mendatang.

“Ini sudah melebihi target, tapi di RPJMD 2013-2018 akan didorong, meski tidak mungkin mencapai 100%,” katanya kepada Jurnal Bandung di temui di Bandung, Jumat (16/1).

Dikatakan dia, untuk memfasilitasi ketersediaan air bersih di Jabar, pihaknya akan menjalankan program pipanisasi regional atau sistem penyediaan air minum (SPAM) regional.

Menurut Bambang, proyek SPAM ini akan menambah ketersediaan air bersih di sejumlah kota dan desa.

“Kami targetkan untuk wilayah Bandung Raya dan wilayah III Cirebon bisa mencapai 1400 liter per detik,” sebutnya.

Kini, pembangunan SPAM Bandung Raya sudah berjalan dan terus digenjot untuk memenuhi ketersediaan air bersih di wilayah III Cirebon, terutama untuk memasok air bersih di kawasan Aerocity Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

Meskipun begitu, dia mengaku masih menghadapi kendala yakni sulitnya mendapatkan air baku.

“Tahap I sudah dibuat, tapi masalahnya di sana adalah kesulitan air baku,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, untuk memenuhi ketersediaan air bersih di kawasan BIJB,  air baku akan diambil dari waduk Jatigede yang rencananya akan segera digenangi tahun ini.

“Kita juga sudah mengusulkan agar pemerintah pusat membangun sejumlah waduk baru di Jabar untuk memenuhi ketersediaan air baku di sejumlah daerah,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply