Kesedihan Mendalam Dirasakan Aher Ketika Tragedi Mina Kembali Terulang

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan merasakan kesedihan yang mendalam saat mengetahui tragedi Mina kembali terulang.

Kesedihan pun semakin dalam ketika Aher, sapaan akrab Gubernur mengetahui banyak jamaah haji asal Jabar yang menjadi korban tragedi tersebut.

Hal itu dia ungkapkan setelah pulang ke Tanah Air pasca menunaikan ibadah haji. Aher mengaku, saat tragedi itu terjadi, dirinya sebenarnya berada tak jauh dari lokasi kejadian.

Disebutkan Aher, dia berada tepat di Jumarat (tempat lempar jumroh) ketika peristiwa yang memakan ratusan korban jiwa itu terjadi.

Namun, meskipun tempat dia berada tak jauh dari lokasi kejadian, Aher mengaku tidak mengetahui peristiwa tersebut terjadi.

“Jadi di Mina itu banyak pintu, saya berada di jalur Muasyim, saat kejadian sebenarnya saya ada di TKP. Tapi saat terjadi tragedi, saya tidak mengetahui,” tutur Aher kepada Jurnal Bandung saat menceritakan pengalamannya beribadah haji, di rumah dinasnya di Jalan Otista, Kota Bandung, Senin (6/10).

Aher melanjutkan, dirinya baru mengetahui tragedi Mina kembali terulang setelah selesai melempar jumroh. Setelah mendapati laporan tersebut, Aher pun angsung mengunjungi para korban.

“Awalnya saya mendapatkan info cuma 1 orang korban asal Jabar karena memang itu bukan jalur Indonesia. Namun setelah siang, saya mendapatkan laporan lagi bahwa ternyata banyak jamaah asal Jabar yang menjadi korban,” ungkapnya.

Aher pun mendoakan seluruh korban tragedi Mina mati syahid atau syuhada (meninggal di jalan Allah). Menurutnya, para syuhada tersebut kelak akan memberi syafaat di akhirat.

“Mudah-mudahan mereka menjadi syuhada, kelak mereka akan memberikan syafaat kepada para kerabatnya di akhirat nanti,” katanya.

Share This

Leave a Reply