Kerap Banjir hingga Renggut Korban Jiwa, Emil Desak Pemprov Jabar Benahi Gorong-gorong Jalan Provinsi

Oleh: Bayu Wicaksana

Jurnal Bandung.com – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendesak Pemprov Jabar memperbaiki saluran air di sejumlah jalan provinsi di Kota Bandung.

Menurutnya, jalan provinsi yang ada di wilayahnya sering tergenang banjir, bahkan menimbulkan korban jiwa.

Emil menyontohkan, pemprov harus membenahi saluran air di Jalan Setiabudi. Untuk diketahui, belum lama ini, di kawasan tersebut terjadi banjir yang menelan satu korban jiwa.

“Banyak dikeluhkan (banjir) Setiabudi. Padahal itu tidak dalam kelola administrasi kami,” ungkap Emil, Senin (19/12)

Selain itu, Emil pun menyebut banjir di kawasan Jalan Soekarno-Hatta dan Pasteur yang pengelolaannya jalannya berada di pemerintah pusat. Meski begitu, dia memastikan, pihaknya tetap berupaya mengatasi banjir di kawasan-kawasan tersebut.

Menurut Emil, pembangunan pintu air di kawasan Pasteur sudah dituntaskan. Selain itu, bangunan-bangunan yang menghalangi saluran air pun sudah dibongkar.

Sementara untuk menanangai banjir di kawasan Jalan Soekarno-Hatta yang kerap menggenangi Pasar Gedebage, pihaknya sudah menyiapkan tiga langkah penanganan, yakni pelebaran sungai, perbaikan gorong-gorong, dan pembuatan danau retensi.

“Untuk gorong-gorongnya disiapkan Rp10 miliar,” sebutnya.

Lebih lanjut Emil mengatakan, untuk mengatasi banjir kawasan Jalan Pagarsih, pihaknya akan membuat kolam retensi sebagai tempat penampungan air agar tidak meluap.

“Selain itu, akan dibuat juga kolam retensi. Jadi nanti air yang ke Pagarsih kita cegat di (kolam retensi) Bima dan Sirnaraga,” jelasnya.

Disinggung kemacetan lalu lintas yang timbul akibat pembangunan tersebut, Emil meminta semua pihak memakluminya.

“Pemkot bekerja, berupaya, mohon didukung warga,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply