Kenali Gejala-gejala Ini Ketika Bayi Anda Manangis Terus

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung –  Bayi di bawah empat bulan rentan terkena penyakit kolik dengan gajala perut kembung. Gejala perut bayi kembung ini kerap kali membuat sang ibu kebingungan.

Bagaimana tidak, saat menderita kolik, bayi akan terus menangis seperti kesakitan dan tangisannya sulit dihentikan. Bahkan, saat dikasih air susu ibu (ASI), bayi umumnya menolak. Kakinya pun akan ditendang-tendangkan dan menarik ke arah perut.

Namun, saat melihat gejala-gejala itu, sang ibu sebaiknya tak lantas panik. Sebab, gejala kolik sebenarnya bisa diatasi dengan simple, mudah, dan bisa dilakukan oleh semua ibu. Oleh karena itu, si ibu tentunya harus mengenali terlebih dahulu gejala-gejala kolik ini.

Jurnal Bandung pun menghimpun beberapa informasi terkait penyebab kolik, di antaranya gejala kolik bisa menyerang bayi ketika posisi menyusui kurang baik, sehingga udara akan masuk ke dalam perut bayi saat disusui. Kedua, si bayi akan terkena kolik jika ibu telat memberikan ASI kepada bayi.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu bila mengetahui bayinya terkena kolik, mulai dibalur minyak yang dicampur dengan irisan bawang merah, yang akan membuat badan bayi hangat. Sehingga, si bayi akan merasa lebih nyaman dan udara di dalam perut akan keluar melalui kentut, bersendawa, bahkan bisa lewat muntah.

Cara lain yang bisa dilakukan, yakni dengan cara air hangat dimasukan ke dalam botol. Setelah itu, botol tersebut ditempelkan di atas perut bayi. Jika masih belum berhasil, ibu bisa melakukan pemijatan kepada bayi dengan sangat hati-hati di bagian punggung dan perut.

Lakukan hal tersebut sampai si bayi kentut dan bersendawa berkali-kali. Dengan sendirinya, si bayi akan merasa lebih nyaman dan akan langsung tertidur nyenyak. Selamat mencoba.

Share This

Leave a Reply