Kemendagri Puji Inovasi yang Digagas Pemprov Jabar

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memuji beberapa inovasi yang digagas Pemprov Jawa Barat.

Kasubdit Peningkatan Kapasitas Daerah Kemendagri Gensli mengungkapkan, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan adalah seorang inovator, sehingga ide-ide yang dikeluarkannya bisa menjadi contoh bagi para kepala daerah di provinsi lain.

“Hal-hal ¬†yang digagas oleh pak gubernur dan ditularkan ke 17 provinsi lainnya. Mudah-mudahan 34 provinsi nanti akan tertular,” ujar Gensli usai pertemuan dengan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (21/2).

Menurutnya, ada tiga inovasi yang menjadi unggulan yang didorong untuk ditiru provinsi lainnya, yakni e-samsat, tunjangan pegawai berbasis kinerja, serta sistem perizinan dan pelayanan terpadu.

Sistem-sitem ini dikatakannya sudah dibuat Jabar dengan sangat baik dan tentunya dibutuhkan juga provinsi lainnya. Sehingga, tak perlu lagi membuat inovasi yang sama.

“Jadi nggak usah membuat hal yang baru lagi. Ini sudah terbukti sudah diujicobakan. Ini prosesnya panjang dan terbukti unggul. Lah kenapa kita harus bikin yang baru lagi. Kita pusat ingin mendorong seperti itu,” tuturnya.

Leave a Reply