Kelola Sampah, Wabup Gungun Apresiasi Warga Kampung Inspirasi Jati Endah

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Wakil Bupati Kabupaten Bandung Gungun Gunawan mendatangi pengelolaan sampah di kampung Inspirasi Jati Endah Kecamatan Cilengkrang beberapa waktu lalu.

Kampung Inspirasi yang berlokasi di RW 17 Kelurahan Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung ini memiliki alat khusus untuk mengelola sampah yang berasal dari warga.

Alat ini diberi nama Unit Pengelolaan Kebersihan (UPK) Mandiri III, mampu merubah berbagai jenis sampah menjadi pupuk.

Dalam kesempatan tersebut Gungun Gunawan menilai, pengelolaan sampah sangat penting, apalagi sampah rumah tangga termasuk penyumbang sampah terbesar.

”Pengelolaan sampah secara swadaya ini, selain menunjukkan kecintaan mereka terhadap lingkungan, juga menjadi tanda kepedulian warga membantu pemerintah daerah dalam menangani persoalan sampah,” ucap Gun Gun kepada wartawan si Kabupaten Bandung. Rabu (15/1).

Gun Gun berharap, kemandirian warga Jatiendah bisa diikuti oleh desa-desa lainnya di Kabupaten Bandung, mengingat masih minimnya kesadaran warga dalam mengelola sampah.

“Ada banyak manfaat, yang akan didapat dari pengelolaan sampah ini. Salah satunya adalah bisa menampah pendapatan keluarga,” katanya.

Leave a Reply