Kejar Target Sejuta Lubang Biopori, Pemkot Bandung Siapkan 1.000 Bor Biopori

Oleh: Ridwan Farid

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – Pemkot Bandung menyiapkan 1.000 bor biopori untuk pembuatan satu juta lubang biopori yang ditargetkan selesai 2018 mendatang.

Seperti diketahui, 2013 lalu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menargetkan pembuatan lubang biopori selama periode kepemimpinannya, 2013-2018 mendatang melalui Gerakan Satu Juta Lubang Biopori.

Pengadaan 1.000 bor biopori tersebut diharapkan bisa menggenjot pembuatan lubang biopori di seluruh Kota Bandung. Berdasarkan catatan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Kota Bandung, hingga kini, kota berjuluk Paris van Java ini baru memiliki 367.734 lubang biopori.

Lubang biopori diyakin menjadi solusi yang paling murah dan sederhana untuk mengatasi persoalan lingkungan, terutama banjir cileuncang yang kerap kali melanda Kota Bandung.

“Sampai September, sudah ada 367.734 lubang biopori di Kota¬†Bandung. Kita terus gencar membuat lubang biopori agar target satu juta lubang biopori dapat tercapai,” ungkap Kepala BPLH Kota Bandung Hikmat Ginanjar kepada Jurnal Bandung, Minggu (8/3).

Pihaknya pun mengharapkan peran serta masyarakat untuk turut aktif membuat lubang biopori di seluruh wilayah Kota Bandung. Sebab, menurut Hikmat, lubang biopori memiliki banyak manfaat. Selain untuk meminimalisasi genangan air akibat banjir, lubang biopori pun bisa menyuburkan tanah dari kompos yang dimasukan ke dalam lubang biopori.

Kepala Bidang Rehabilitasi Lingkungan Hidup BPLHD Kota Bandung Ayu Sukenjah menyebutkan, tahun ini pihaknya menyiapkan 1.000 bor biopori untuk menggenjot pembuatan lubang biopori.

“Alat ini akan diberikan ke masyarakat melalui kecamatan. Nanti pada triwulan II, paling lambat Juli tahun ini, mulai disebar,” katanya seraya menambahkan, bagi warga yang membutuhkan alat tersebut dipersilakan untuk menghubungi aparat kewilayahan.

Leave a Reply