Kaya Akan Sumber Daya Alam, Jabar Ikut Milano Expo 2015

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – Kekayaan sumber daya alam Jawa Barat menarik perhatian Didi Petet. Aktor senior yang kini menjadi Ketua Penyelenggara Indonesia Paviliun itu tertarik untuk mengikutsertakan Jabar dalam Milano Expo 2015.

Didi tertarik akan kreatifitas masyarakat serta tradisi pangan dan sumber daya alam yang dimiliki Jabar. Hal ini diungkapkan Didi Petet usai bertemu Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar bersama tim Koperasi Pelestari Budaya Nusantara di Rumah Dinas Wakil Gubernur Jabar, Jumat (06/02).

Menurut Didi, Milano Expo merupakan ajang bergengsi internasional terbesar setelah Piala Dunia dan Olimpiade. Sebab, sebanyak 147 negara turut serta dalam expo yang digelar di lahan seluas 110 hektare itu. Sesuai namanya, Milano Expo akan digelar di Kota Milan, Italy selama 6 bulan berturut-turut mulai 1 Mei hingga 31 Oktober 2015 mendatang.

“Jadi expo ini ajang tempat kita bersama-sama negara lain untuk memberitahukan siapa Indonesia. Nah, kami minta semua, siapapun yang hebat-hebat di Indonesia ini untuk hadir di sana. Ini lho Indonesia sekarang. Nah saya tahu kan Jabar tempat kreativitas yang sangat luar biasa,” tutur Didi.

Didi menambahkan, tema yang diangkat dalam expo lima tahunan ini adalah Feeding Planet Energy for Life atau pangan dan energi untuk kehidupan. Tema ini, kata Didi, sangat cocok dengan status Jabar yang selama ini dikenal sebagai lumbung padi nasional ini.

Deddy Mizwar sangat mengapresiasi ajakan Didi Petet tersebut. Sebab, kata Deddy, Jabar memang memiliki potensi yang sangat besar dalam seni, budaya, kreativitas, pangan, hingga sumber daya energi.

Terkait dana yang dibutuhkan, Deddy mengaku akan menghimpun dana perusahan atau corporate social responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.

“Sebab ini ada seni, budaya, pangan dan juga barangkali kalau bicara energi di sini pusatnya geothermal. Maka saya kira Chevron atau Star Energy mungkin penting untuk ikut karena Jabar ini punya semua,” pungkas Deddy.

Share This

Leave a Reply