Kasus Begal Marak, DPRD Jabar Minta Masyarakat Tingkatkan Keamanan

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – DPRD Jawa Barat meminta masyarakat berperan aktif dalam mengantisipasi maraknya kasus pembegalan sepeda motor yang belakangan marak terjadi dengan meningkatkan keamanan di lingkungannya masing-masing.

Sebab, jika tidak segera diantisipasi, dikhawatirkan akan semakin banyak warga yang menjadi korban aksi kriminal tersebut.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Yomanius Untung saat dihubungi Jurnal Bandung, di Bandung, Jumat (27/2).

“Ya, kita prihatin sekarang ini marak begal motor. Jadi harus segera diantisipasi,” katanya.

Selain menjadi tanggung jawab aparat keamanan, langkah antisipasi ini pun menurutnya harus dilakukan oleh masyarakat.

Menurut Untung, keamanan di masyarakat harus ditingkatkan, salah satunya dengan mengintensifkan sistem keamanan lingkungan (siskamling).

Siskamling, menurutnya sangat ampuh sebagai solusi untuk mengatasi terbatasnya jumlah personel keamanan.

“Perlu ada terbososan untuk menghidupkan kembali pertahananan keamanan. Itu yang paling rasional,” ucapnya.

Selain itu, Untung pun menilai, aparat kepolisian bisa bekerja sama dengan TNI untuk meningkatkan keamanan.

“Bisa kemudian kepolisian menggandeng TNI untuk ikut mengamankan, melakukan razia, banyak hal yang secara teknis bisa diatur,” jelasnya.

Lebih lanjut Untung mengatakan, maraknya aksi begal ini dikarenakan kebutuhan ekonomi. Selain itu, karena banyaknya kendaraan bermotor di wilayah perkotaan.

“Dari sisi kuantitas, di kota besar memang banyak kendaraan. Selain itu, ya penjahat menyadari kekuatan polisi terbatas,” pungkasnya.

Leave a Reply