Karst Citatah akan Disulap Menjadi Panggung Alam Terbesar Se-Asia Tenggara

foto net
foto net

Jurnal Bandung – Pemerintah provinsi Jawa Barat berencana akan segera menyulap kawasan karst Citatah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi panggung alam dan kawasan pusat budaya seluas 100 Hektar. Menurut wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar pihaknya sudah mewacanakan di karst Citatah menjadi panggung seni.

“Kita sedangĀ  wacanakan citatah, ini kita bahas secara serius, kita akan beli citatah untuk menjadi panggung seni disitu. Luasnya 100 hektar, jadi alam di setting, berkaitan dengan situsĀ  seni budaya yang akan ada disitu,” katanya kepada wartawan di Gedung Sate Bandung, Kamis (7/8).

Dia mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan segera menggelar rapat secara mendalam untuk membahas hal tersebut. Karena pihaknya tidak mau menyisakan masalah terkait tenaga kerja yang biasa bekerja di karst Citatah.

“Nanti kita pikirkan, apa bertahap kita bebaskan. Karts gunung, entar kalau dihentikan nanti banyak yang nganggur, bagaimana kita buat program bicara konservasi alam dan penyerapan tenaga kerja juga ada, makanya itu dibahas dulu, kalau perlu bebaskan 100 hektar menyelamatkan alam, jadi kawasan pusat kebudayaan,” katanya.

Nantinya, lanjut Deddy, kawasan karst citatah tersebut akan menjadi pusat kebudayaan. Sehingga pelaksanaan pentas besar pun bisa dilakukan disana.

“Biasanya kalau ada pentas besar itu kan digelar di dekat pasteur, tapi kalau ada karst citatah itu bisa disana, karena areanya besar. Bahkan ini bisa jadi panggung alam terbesar se asia tenggara, panggung alam terbesar, ada panggung budaya, ada pentas yang bisa muat 100 ribu orang,” katanya. (JB-01)

Share This

Leave a Reply