Kabupaten Bandung Menjadi Daerah Pencetak Pembaca Al-quran Terbaik di Jabar

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Kabupaten Bandung bisa dibilang sebagai daerah pencetak pembaca al-quran terbaik di Jawa Barat. Bagaimana banyak pesantren terbaik berdiri di Kabupaten Bandung. Terbukti, ketika ada seleksi tilawatul Quran tingkat provinsi, Kabupaten Bandung menjadi juara umum. Kabupaten Bandung Meraih Juara Umum Pada STQ XV – 2017 Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan STQ ini jangan hanya dimaknai perlombaan belaka, namun jauh dari itu, jadikan sebagai media syiar islam dan dakwah.

“Sehingga bisa menciptakan kecintaan masyarakat terhadap al qur’an, dan yang paling penting adalah ikhlas bukan karena menjadi juara,” kata Ahmad Heryawan usai memberikan tropi kepada pemenang, beberapa waktu lalu.

Selain itu juga menurut pria yang akrab disapa Aher ini mengatkan untuk lebih jauhnya lagi, bisa menciptakan kualitas beragama lebih baik lagi. Apalagi lanjut Aher hal tersebut bisa berdampak kepada seluruh masyarakat.

“Seandainya seluruh ummat Islam Jawa Barat senantiasa berakhlaq al qur’an, maka suatu kepastian kehidupan Jawa Barat akan lebih baik dari sekarang,” katanya.

Berikut ini adalah nama-nama pemenang asal Kabupaten Bandung pada acara STQ tingkat provinsi Jabar.

Hadian Akbar Juara 1 MHQ 30 juz, Binta Malina Azkiya Juara 1 MHQ 10 juz, Nadia Nur Fatimah Juara 1 MHQ Anak-anak, SalmanAmarillah Juara 2 Tilawah Dewasa, Hj. Robiah Al Adawiyah Juara 2 Tilawah Dewasa, M Aqilla Fathia Hanaan Juara 2 Tagsir B.Arab, M. Ikram Abdu Aziz Juara Harapan 1 Tafsir B.Arab, Salman Alfarizi Juara Harapan 3 MHQ 10 juz.

Seleksi Tilawatul Qur’an (STQ) XV Tingkat Provinsi Jawa Barat resmi ditutup oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kamis (13/04/17) bertempat di Plaza Pusdai Jabar. Penutupan ditandai dengan pemukulan bedug.

STQ yang berlangsung sejak minggu (8/04) lalu itu, menghasilkan Tilawah2 Terbaik untuk Bidang Tilawah Al Quran, yaitu Kabupaten Bandung disusul Kota Bandung dan Kab.Sukabumi.

Gubernur Jabar pada kesempatan itu menyerahkan piala/tropy kepada para qori/qoriah terbaik untuk Bidang Tilawah, Hafidz, dan Muffasir. Selain tropy selaku pemimpin daerah Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wagub Jabar Dedi Mizwar memeberikan apresiasi berupa tiket umroh gratis untuk 4 peseta terbaik, dan Alhamdulullah yang mendapatkan tiket umroh adalah 3 peserta dari Kab.Bandung.

Leave a Reply