Kabar Baik, Bulan Ini Warga Cieunteung Akan Terima Ganti Rugi

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Persoalan pembebasan lahan yang masih menghambat progres pembangunan kolam retensi Cieunteung, Kabupaten Bandung, lambat laun segera teratasi.

Terbukti, April 2017 ini, lahan danau buatan itu akan dibebaskan lagi. Luas lahan yang akan dibebaskan bulan ini sekitar 1,5 hektare.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa menerangkan, total kebutuhan lahan untuk pembangunan kolam retensi Cieunteung mencapai 8,7 hektare. Namun, lahan yang baru dibebaskan saat ini baru 0,8 hektare.

“Bulan April ini akan dilakukan pembayaran untuk 1,5 hektare lahan,” ungkap Iwa di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/4).

Menurut Iwa, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum sendiri menargetkan, hingga April 2017, pembebasan lahan kolam retensi Cieunteung mencapai 2,3 hektare.

Iwa menambahkan, BBWS sendiri sudah mengantongi dana sebesar Rp33 miliar untuk membebaskan 146 bidang lahan seluas 1,5 hektare tersebut.

Iwa menambahkan, BBWS Citarum meminta Pemprov Jabar turut serta mendorong pendanaan kolam retensi ke Dirjen Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Untuk dukungan dana kolam retensi, kami menunggu lahan bebas. Jangan sampai dianggarkan, tapi tidak terserap,” tandas Iwa.

Share This

Leave a Reply