Jurus Jitu Cagub SUdrajat Dalam Tingkatkan Perekonomian di Jabar

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com –  Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jabar 2018-2023 Sudrajat-Akhmad Saikhu mengakui masalah perekonomian menjadi pilar utama untuk meraih dukungan publik. Cagub Jabar Sudrajat menjelaskan bahwa ada tiga hal terkait masalah perekonomian, diantaranya adalah  perbaikan iklim usaha, kemudahan investasi, dan kepastian hukum.

“Kita ingin proses perizinan usaha dan investasi dilakukan dengan biaya murah serta waktu yang lebih cepat. Untuk hal ini ada teknologi informasi yang akan mendukungnya, terutama paling penting reformasi birokrasi,” kata Sudrajat.

Dari segi hukum, kata Sudrajat, Jawa Barat akan melakukan sinkronisasi produk hukum yang terkait dengan usaha di tingkat provinsi supaya lebih selaras dengan dorongan kemudahan berusaha yang dilakukan pemerintah pusat. Termasuk memperkuat sinergi dengan pemerintah kabupaten/kota agar tidak ada lagi perda ataupun produk hukum yang mempersulit investasi dan mengakibatkan ketidakpastian hukum dalam kegiatan usaha.

“Tantangan yang muncul dari ketidakpastian hukum semakin besar dengan munculnya era disrupsi bisnis yang didorong teknologi informasi, seperti transportasi daring dan e-dagang. Jawa Barat akan melakukan upaya-upaya di level regional agar gejolak yang mengganggu kehidupan masyarakat dan pelaku bisnis sebagai akibat dari disrupsi tersebut dapat diminimalkan,” jelasnya.

Sudrajat mengatakan, revitalisasi BUMD juga akan terus dilakukan agar pihak swasta dapat lebih mudah dan mendapatkan kepastian hukum dalam kerjasama pengelolaan aset-aset milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Tujuannya tetap pada peningkatan kesejahteraan masyarakat tanpa melanggar hukum positif yang berlaku. Tentu kolaborasi pemerintah, rakyat, dan swasta, akan semakin mudah mencapai tujuannya,” kata pria yang akrab disapa Kang Ajat ini.

Share This

Leave a Reply