Jokowi Menang Tipis di Jabar, Lembaga Survey Sebut Faktor Ridwan Kamil

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Sosok Ridwan Kamil dinilai mampu mendongkrak elektabilitas capres 01 Jokowi-Amin di Jabar. Hal tersebut diungkapkan oleh lembaga
survei Rectoverso Institute yang bekerjasama dengan Jaringan Survei Pemuda Pelajar (JSPP) Jabar.

Peneliti Rectoverso Institute Romdin Azha mengatakan, trend elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin boleh dibilang meningkat sejak satu tahun ke belakang. Tepatnya, pada bulan Mei dan Juni 2018, di mana kala itu Jabar masih menjadi lumbung suara Prabowo Subianto.

“Kondisi ini (kenaikan) terjadi karena kinerja petahana dinilai sangat bagus, 72 persen. Jadi, 72 persen masyarakat Jawa Barat menganggap petahana ini baik dalam kinerjanya,” ujar Romdin di kawasan Jalan Surapati, Kota Bandung, Senin (1/4).

Menurut dia, pengaruh sosok Ridwan Kamil yang telah terang-terangan memberikan dukungan kepada pasangan capres nomor urut 01 turut mempengaruhi kenaikan elektabilitas.

“Faktor endorsment tokoh yang sekarang sangat kelihatan adalah Gubernur Ridwan Kamil. Setelah kita cek, ternyata tingkat endorsement hampir 25 persen dari pemilih, ini sangat signifikan,” tuturnya.

Romdin menambahkan, pemilih yang digaet Ridwan Kamil pada Pilgub 2018 di Jabar melengkapi pemilih dari pasangan nomor urut 01. Di mana, dia menilai, ada kencenderungan perbedaan pemilih antara Ridwan Kamil di Pilgub 2019 dan Jokowi-Maruf.

“Pak Jokowi cenderungnya pemilihnya pendapatannya di bawah, pendidikan di bawah dan rendah. Kalau pemilih pak Ridwan Kamil cenderungnya menengah atas, milenial, tingkat pendidikannya tinggi. Jadi ketika pak Ridwan Kamil mendukung pak Jokowi, pemilih itu melengkapi,” paparnya.

Pada kesempatan ini, pihaknya merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres RI nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo – Sandiaga di Jawa Barat. Adapun elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf berada di angka 48 persen, unggul tipis dari pasangan Prabowo-Sandiaga yang memiliki tingkat elektabitas 47 persen. Sementara yang belum memilih hanya 4 persen.

“Kecenderungannya memang imbang tapi di sini pasangan 01 lebih unggul sedikit,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply