Jokowi: Hampir Semua Negara ASEAN Grogi Hadapi MEA

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net

Jurnal Bandung – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berharap, para pengusaha sudah siap menjelang bergulirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 mendatang.

Menurut pria yang akrab disapa Jokowi ini, kini bukan hanya Indonesia yang merasa khawatir menghadapi MEA, seluruh negara pun, kata Jokowi, masih menerka-nerka MEA.

“Pengusaha semuannya masih menerka-nerka, kejadiannya akan seperti apa, sehingga semua negara juga menjadi khawatir,” tuturnya saat memberikan sambutan dalam acara musyawarah nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XV di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (12/1).

Jokowi mengaku sudah berkomunikasi dengan beberapa negara ASEAN. Menurutnya, mereka juga masih ketakutan menghadapi MEA. Pasalnya, kini MEA belum bisa diprediksi.

“Artinya apa, saudara-saudara enggak usah takut karena negara-negara ASEAN juga takut. Yang ditakuti itu adalah Indonesia karena jumlah penduduknya yang banyak,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia mengaku optimis jika para pengusaha muda di Indonesia mampu menaklukan MEA.

“Pengusaha-pengusaha enggak usah takutĀ  karena negara lain sudah grogi, yang paling penting kesiapannya harus dirancang dengan baik. Yang paling penting jangan sampai ada peluang di dalam negeri diambil oleh pengusaha asing,” ucapnya.

Dia yakin, para pengusaha Indonesia pun mampu bersaing dengan pengusaha-pengusaha negara-negara ASEAN.

“Saya pernah temui saat acara ASEAN Summit, ada beberapa pengusaha kita menang tender di Myanmar,” sebut Jokowi.

Saat ditanya mengenai Munas HIPMI, Jokowi menyebutkan, euforianya hampir sama dengan Pilpres. Setiap tahun, Munas HIPMI selalu ramai.

“Setiap Munas ramai sekali, tapi ramenya kekeluargaan. Presiden dan Wakil Presiden berasal dari keluarga HIPMI juga,” pungkasnya.

Leave a Reply