JK: Ada 5 Lokasi Alternatif Pengganti Cilamaya

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Pemerintah pusat menyiapkan lokasi alternatif menyusul dibatalkannya pembangunan Pelabuhan Cilamaya di Kabupaten Karawang.

Hal itu dikatakan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Bahkan, JK pun menyebutkan, ada 5 lokasi alternatif pengganti Cilamaya. JK memastikan, pelabuhan berskala internasional pengganti Cilamaya itu akan dibangun di wilayah timur Jawa Barat.

“Dulu pernah dilakukan survei, ada 6 daerah yang bisa dijadikan alternatif. Di antaranya ada di Bekasi dan Subang. Karena Cilamaya tidak jadi, minggu ini kita akan survei kembali ke daerah timur,” ungkap JK kepada Jurnal Bandung di Gedung Sate Bandung, Senin (13/4).

Namun, JK enggan menyebutkan lokasi mana saja yang akan disurvei. Pihaknya khawatir akan banyak spekulan yang ikut memainkan harga tanah jika lokasi survey diumumkan.

“Kita survei lokasi terdekat dari situ, insyaallah akan segera mulai. Untuk lokasinya rahasia, nanti diumumkannya. Kalau diumukan sekarang harga tanah ‎nanti naik,” ucapnya.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar memprediksi munculnya sejumlah hambatan jika pembangunan pelabuhan digeser ke wilayah timur. Di antaranya hambatan soal perubahan rencana tata ruang wilayah (RTRW).

Dia juga memprediksi munculnya persoalan penggunaan kawasan hutan lindung. Selain itu, pergeseran lokasi pelabuhan pun diprediksi menimbulkan masalah soal pembebasan lahan.

Deddy memperkirakan, pelabuhan akan dibangun di wilayah Subang atau Indramayu. Meski lokasinya berdekatan dengan Pelabuhan Cirebon, namun pelabuhan baru ini menurutnya memiliki fungsi yang berbeda karena menjadi pelabuhan khusus.

“Kalau saya, Subang atau Indramayu sama saja,” ucapnya.

Share This

Leave a Reply