Jika Emil Pilih Uu Sebagai Pendamping, PKB Siap Angkat Kaki

Oleh : Yuga Khalifatusalam

JurnalBandung.com – Salah satu partai pengusung Ridwan Kamil dalam gelaran Pilgub Jabar 2018 mendatang, tidak setuju jika Ridwan Kamil memilih Uu Ruzanul Ulum menjadi pendampingnya dalam pesta demokrasi warga Jabar.

Adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang merasa keberatan dengan dipilihnya Uu sebagai Calon wakil Gubernur Jabar mendampingi Ridwan Kamil. Keberatan tersebut bukan tanpa alasan, Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda mengatakan suara penolokan terhadap Uu disampaikan kader, pengurus dan tokoh agama. Hal itu tentu juga menjadi pertimbangan partai pimpinan Muhaimin Iskandar tersebut.

Bahkan, lanjut Huda jika Ridwan Kamil tetap ‘kekeuh’ memilih Uu sebagai calon wakil Gubernur Jabar, PKB tidak akan segen-segan mencabut dukungannya sebagai Cagub Jabar.

“Para kader, pengurus, kyai yang dekat dengan PKB memang menyatakan sikap kurang berkenan kalau Uu yang mendampingi RK. Sebenarnya dinamika (ancaman) itu ada. Kami di partai harus merespon apapun aspirasi kader,” kata Huda saat dihubungi, Rabu (20/12).

Huda mengatakan, sebelum menentukan pilihan siapa yang akan menjadi pendamping Ridwan Kamil, harus ada musyarah terlebih dahulu untuk mencari jalan keluar, sehingga seluruh partai koalisi yang sudah memberikan dukungan bisa tetap solid.

“Karena butuh keutuhan bersama supaya RK bisa maju dalam suasana seperti ini perlu ada alternatif solusi. Kami harap ada ruang yang masih bisa memperbincangkan soal itu, sembari melihat dinamika ke depan,” jelas dia.

Diakuinya dalam musyawarah tak selalu mencapai titik temu atau kesepakatan. Namun, sambung dia, PKB akan legowo apabila proses musyawarah sudah dilakukan oleh partai-partai koalisi.

“Intinya semua pernah dimusyawarahkan, kan tidak harus ada titik temu dan mufakat. Tapi intinya semua masalah sudah disampaikan, semua agenda masing-masing partai, kalau tidak ada titik temu gak masalah,” kata Huda.

Share This

Leave a Reply