Jepang Sambut Baik Formulasi Buah Kesemek Ciptaan Profesor Asal Bandung

Oleh: Redaksi

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Jepang menyambut baik formulasi buah kesemek yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, formulasi buah kesemek itu pun akan dikembangkan dan diproduksi secara massal.

Selain menyediakan fasilitas produksi berstandar internasional, Negeri Sakura itu pun akan menyiapkan lahan perkebunan kesemek untuk membantu memenuhi kebutuhan buah kesemek yang diprediksi akan semakin tinggi.

Kesepakatan tersebut diperoleh setelah digelar pertemuan antara perwakilan pemerintah dan pihak swasta Jepang dengan Prof Ir Mochamad Sudjana PhD, penemu formulasi buah kesemek asal Bandung, di Jepang, belum lama ini.

“Alhamdulillah, kita sudah deal dengan Jepang. Selain menyediakan fasilitas produksi, mereka juga siap menyediakan bahan baku,” tutur Kang Jana kepada Jurnal Bandung, di acara seminar khasiat buah kesemek di Hotel Gino Veruci, Jalan Braga, Kota Bandung, Minggu (29/11).

Diakuinya, meskipun kerja sama tersebut sudah disepakati, namun produksi buah kesemek dirasa masih kurang. Sementara, pasokan kesemek diprediksi akan sangat tinggi menyusul semakin banyaknya permintaan terhadap formula buah kesemek ciptaannya. Oleh karena itu, Kang Jana pun mengajak masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Barat untuk menanam kesemek.

“Kita akan buat konsep one village, one product. Jadi di setiap daerah sentra kesemek, akan dibangun pabrik pengolahan kesemek,” katanya sambil menyebutkan, sedikitnya 5 juta ton kesemek dibutuhkan setiap tahunnya.

Dia berharap, pengolahan kesemek menjadi obat berkhasiat ini bisa dirasakan pula manfaatnya oleh masyarakat luas, khususnya para petani. Dengan begitu, taraf perekonomian petani Indonesia, khususnya petani di Jabar pun terangkat.

“Saya tidak ingin menjadi kapitalis. Sesuai tuntutan keilmuan, penemuan ini harus membawa manfaat bagi orang banyak. Dari satu harus menjadi banyak, bukan sebaliknya,” tuturnya.

Masih di tempat yang sama, konsultan investasi asal Jepang Masayuki Jin mengungkapkan, sebenarnya, masyarakat Jepang sudah menyadari manfaat yang terkandung di dalam buah kesemek.

“Namun, di Jepang sendiri belum ada yang meneliti khasiatnya. Mereka baru percaya khasiat kesemek setelah mencoba hasil riset Prof Jana,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Masayuki, negaranya siap mengembangkan khasiat buah kesemek. Bahkan, kata dia, Jepang pun sudah sangat siap membudidayaan, memproduksi, hingga mengenalkan khasiat kesemek kepada seluruh warga Jepang.

Untuk diketahui, buah yang kaya akan serat ini memiliki kandungan zat Tanin paling tinggi dibandingkan buah-buahan lainnya. Kandungan buah kesemek kemudian dikembangkan Kang Jana menjadi sebuah formula yang disebut Super Bio Collagen (SBC).

Kandungan dalam buah kesemek ini pada intinya dapat mengubah sel-sel yang sudah lemah atau rusak menjadi sel-sel baru. SBC dihasilkan melalui proses bio molekuler yang alamiah, tanpa tambahan bahan apapun, seperti air, gula, ataupun bahan-bahan pengawet lainnya, sehingga SBC murni 100% ekstrak buah kesemek.

Lewat penelitiannya yang dimulai sejak 1995 silam, diperoleh fakta jika buah kesemek bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan stamina, dan vitalitas serta bisa mengobati penyakit lain, selain fungsi utamanya mengobati diabetes karena kemampuannya menurunkan kadar gula dengan cepat.

Share This

Leave a Reply