Jenguk Mama Santiong, Uu : Alhamdulillah Kondisinya Membaik

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Calon wakil gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menjenguk KH. Umar Basri (Mama Santiong) di Rumah Sakit Al Islam, Kota Bandung, Selasa (30/1) malam.

Uu mengatakan, pihaknya merasa prihatin dengan apa yang dialami oleh seorang Mama Santiong. Sebagai orang yang juga dibesarkan dilingkungan pesantren ini merasa punya kewajiban harus peduli terhadap ulama dan orang tua.

“Saya sebagai generasi muda yang juga lahir dari lingkungan pondok pesantren, saya diajarkan keluarga saya harus taat ke orang tua, kyai, guru,” kata Uu usai menjenguk Mama Santiong.

Pria yang juga menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya ini mengatakan, saat ini kondisi Mama Sentiong sudah semakin baik. “Kondisi membaik, tapi masih sangat mengkhawatirkan. Masih terlihat banyak lebam, memar,” kata Uu.

Dalam kesempatan tersebut dia mengutuk perbuatan orang yang  telah melakukan penganiayaan  terhadap seorang ulama.

Lebih lanjut Uu katakan, saat ini sulit mencari sosok ulama yang seperti Mama Sentiong. Sosok yang benar-benar bisa menjadi panutan tidak hanya bagi santri-santrinya.

“Kalau kyai, setelah tiada 2, 3, 10 tahun, belum ada gantinya. KH. Zainudin MZ, KH. HZ. Mutaqien, sampai sekarang belum ada bermunculan seperti apa,” katanya.

Oleh karena itu, Uu mengajak masyarakat untuk lebih menghormati dan menjaga ulama sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali. “Tentu saya berharap pelaku dihukum yang setimpal yang bisa memberi efek jera,” katanya.

Share This

Leave a Reply