Jelang Ramadan, Polda Jabar Sebar Polisi Buru Spekulan Sembako

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Menjelang bulan suci Ramadan, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menyebar petugasnya untuk memburu para spekulan bahan kebutuhan pokok (sembako).

Sebagaimana diketahui, momentum hari-hari besar keagamaan, seperti Ramadan kerap dimanfaatkan spekulan sembako untuk meraup untung dengan menetapkan harga tidak wajar.

Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan menegaskan, Polda Jabar telah menyiapkan satuan tugas (satgas) khusus untuk mengantisipasi kecurangan para spekulan sembako.

Menurutnya, permasalahan yang biasanya mencuat jelang Ramadan ini ada dua, yakni disparitas harga yang dimanfaatkan spekulan untuk mengeruk keuntungan dan distribusi serta ketersediaan sembako yang tidak mencukupi akibat permainan spekulan.

Hal itu dikatakan Anton dalam rapat koordinasi dan identifikasi barang kebutuhan pokok menghadapi hari besar keagamaan nasional, di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (4/5) lalu.

Anton pun memberi peringatan keras agar para pengusaha sembako tidak curang. Sebab, pihaknya sudah menginstruksikan langsung 4.300 petugas babinkamtibmas untuk menindak tegas para spekulan sembako. ‎

“Spekulan jangan main mata saya sudah tahu loh. Jadi mulai dari kabupaten sampai desa ada petugas di sana,” tegasnya.

Anton juga menyatakan, pihaknya siap mengawal ketersediaan bahan pokok agar tidak dicurangi pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. ‎

“Saya sebagai Kapolda Jabar siap mengawal pangan di Jabar ini,” tandas Anton.

Leave a Reply