Jelang Ramadan Pemprov Jabar Sudah Siapkan Bus dan Kereta Gratis untuk Mudik

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Jelang memasuki bulan Ramadan, pemerintah provinsi Jawa Barat sudah mulai menyiapkan skema dalam menghadapi musim mudik.

Agar tidak terjadi kemacetan saat mudik nanti, pemerintah provinsi Jabar melalui Dishub Jabar sudah menyiapkan 100 armada bis gratis.

Bukan hanya bis, Kepala Dinas Perhubungan Jabar Hery Antasari menyampaikan, pihaknya juga menyiapkan satu rangkaian kereta api untuk kebutuhan mudik masyarakat.

“Satu rangkaian kereta api kapasitas totalnya kurang lebih 4700 tempat duduk untuk tahun ini,” ujar Herry di Kantor Dinas Perhubungan, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Rabu (20/3).

Dia mengatakan, tahun-tahun sebelumnya hanya menggunakan bus gratis saja, untuk tahun ini lanjut dia, karena permintaan dari masyarakat begitu banyak akhirnya harus bisa menyediakan kereta api gratis.

“Tapi karena kita merespon dinamika dan aspirasi pada tahun lalu sehingga kita menyediakan satu rangkaian kereta api,” katanya.

Untuk moda transportasi bis, dia paparkan, akan diberangkatkan pada empat titik, yaitu Bandung, Bekasi, Sukabumi dan Bogor. Dengan rincian dari Bandung 25 bus, Sukabumi 15 bus, Bekasi 40 bus dan Bogor 10 bus.

“Untuk kereta api ke Surabaya, untuk bis ke Solo dan ke Jogja,” imbuhnya.

Dia sampaikan, sebetulnya banyak pula aspirasi dari masyarakat yang mengingikan transportasi gratis ini diberikan pula untuk arus balik. Untuk hal itu, pihaknya sedang mempelajari dan mencermati bilamana harus menyediakan program pulang bareng.

“Karena agak berbeda karakternya, kalau perginya kan hampir bersamaan, kalau pulangnya berbeda beda. Ini harus ada koordinasi yang lebih,” katanya.

Dia sampaikan, untuk mengikuti program mudik gratis ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Yaitu, dengan menujukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

“Dan juga STNK kalau ingin membawa motor. karena kita juga menyediakan motor kurang lebih kapasitasnya untuk 200 untuk motor yang bisa diangkut sama truk yang kita siapkan,” paparnya.

Masyarakat sendiri sudah dapat mendaftar program bernama Mudik Gratis Pemprov Jabar SELAMANYA (Selamat, Aman, dan Nyaman) tersebut di Kantor Dishub Jabar, Jalan Sukabumi, kota Bandung sejak Rabu (20/3). Masa pendaftaran akan ditutup pada 20 Mei mendatang.

Untuk moda bis besar tujuan Solo dan Yogyakarta (via utara & selatan) pemberangkatan akan dilangsungkan pada Sabtu 1 Juni 2019 nanti. Sedangkan untuk Moda Kereta Api, akan menggunakan Kereta Mutiara Selatan dari Stasiun Bandung — Stasiun Gubeng Surabaya, pemberangkatan Minggu, 2 Juni 2019.

“Tujuan dari program ini juga untuk mengurangi kendaraan dan juga meningkatkan tingkat keselamatan juga tercapai,” katanya.

Share This

Leave a Reply