Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Ratusan Ribu Personel Keamanan Akan Disebar hingga Pelosok

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com – Ratusan ribu personel keamanan akan disebar di berbagai pelosok Tanah Air menjelang hari raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Hal itu merupakan bagian dari Operasi Lilin yang akan berlangsung sejak Jumat (23/13) hingga Senin (2/1). Operasi akan digelar untuk mengatasi berbagai potensi gangguan keamanan, konflik, dan ancaman terorisme.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, ratusan ribu personel tersebut, terdiri dari 80.000 personel Polri, 15.000 personel TNI ditambah dari Satpol PP, pemerintah daerah, hingga berbagai elemen masyarakat.

“Kami juga akan melakukan pengamanan keagamaan dan kejahatan konvensional, seperti menjaga rumah yang ditinggal pemiliknya saat liburan,” ungkap Tito setelah memberikan kuliah umum dengan tema “Kebijakan Polri dalam Menjaga Keutuhan, Kerukunan, dan Toleransi di Indonesia di Bale Sawala, Kampus Unpad Jatinangor, Kamis (22/12).

Tito melanjutkan, pihaknya juga akan mengamankan dan menertibkan arus lalu lintas di jalur darat, laut, dan udara. Bahkan, akan menggandeng pihak Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga untuk menertibkan dan mengamankan jalur.

Pasalnya, kata Tito, pihaknya memprediksi akan terjadi mobilitas liburan dan pulang kampung saat momen tersebut.

“Kami akan waspadai penertiban lalu lintas, jangan sampai kejadian di Brexit, Brebes, terulang kembali. Makanya akan kami waspadai,” ungkapnya.

“Kami juga akan menerjunkan personel untuk ikut mengatasi kesediaan pangan pada musim Natal dan tahun baru. Pasalnya, pada momen tersebut, konsumsi pangan di Indonesia akan meningkat,” sambungnya.

Share This

Leave a Reply