Jawa Barat Segera Miliki Pelabuhan Internasional

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Tidak lama lagi, Jawa Barat akan memiliki pelabuhan berkelas internasional. Pelabuhan itu tak lain adalah Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang.

Dalam waktu dekat, lahan pelabuhan itu pun akan segera dibebaskan. Pembebasan lahan akan dilakukan menyusul rampungnya penetapan lokasi (penlok) Pelabuhan Patimban oleh Pemprov Jabar.

“Alhamdulillah, draft keputusannya sudah ditandatangani Pak Gubernur (Ahmad Heryawan) sebelum ke luar negeri,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa di Bandung, Selasa (18/4).

Iwa mengatakan, penlok Pelabuhan Patimban langsung diinstruksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan kepada Pemprov Jabar.

“Jumat (14/3) lalu sudah saya selesaikan bersama Biro Pemerintahan dan Kerjasama. Dan sekarang sudah selesai,” terangnya.

Berdasarkan hasil penlok tersebut, sebut Iwa, lokasi pembangunan Pelabuhan Patimban meliputi lima desa di Kecamatan Pusakanagara dan satu desa di Kecamatan Pusakajaya, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang.

“Setelah penlok dan amdal (analisa dampak lingkungan) selesai, langkah berikutnya pembebasan lahan,” sambung Iwa.

Di lain sisi, lanjut Iwa, Pemerintah Jepang selaku investor Pelabuhan Patimban pun sudah menyetujui persyaratan yang diminta Pemerintah Indonesia.

“Untuk tahap awal sudah disiapkan Rp43 triliun. Saya akan membantu pemerintah pusat mengawal pelaksanaannya di lapangan bersama Pemkab Subang,” terang Iwa.

Dikatakan Iwa, percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban dilakukan guna mendukung program pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota. Selain itu, untuk menggenjot investasi dan pertumbuhan ekonomi.

“Oleh karenanya, kami harap semua pihak jangan ada yang mengganggu pembangunan Pelabuhan Patimban. Jangan pula ada spekulan tanah yang menghambat pembangunannya,” pinta Iwa.

Leave a Reply