Japnas Berharap BUMD Jabar Profesional

Oleh : Yuga

Jurnalbandung.com – Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) mendorong Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pemprov Jabar bekerja profesional.

Ketua Japnas Jabar Iwan Gunawan menjelaskan, BUMD di Jabar ini sebenarnya memiliki potensi memberikan PAD yang besar untuk pemprov Jabar.

“Butuh perubahan bagi BUMD agar menjadi penghasil PAD besar bagi Pemprov, salah satunya menjelma menjadi perusahaan yang profesional,” katanya kepada wartawan saat ditemui di Bandung, Minggu (28/4).

Menurut dia, sejauh ini BUMD di Jabar sendiri masih belum terlalu profesional. Pasalnya masih banyak yang intervensi dan titipan.

“BUMD bisa naik kelas dan profesional. Asalkan fokus terhadap usahanya sehingga bisa bersaing dengn perusahaan swasta,” katanya.

Sementara itu Pakar ekonomi dan perbankan Unpas Bandung Acuviarta Kartabi menyatakan, BUMD di Jabar ini bisa dibilang kurang profesional, karena didalamnya lanjut dia, ada banyak kepentingan didalamnya.

“Karena di BUMD ini akan bisnis, jadi didalamnya mesti profesional, konflik kepentingan harus segera diselesaikan, persinggungan harus diselesaikan, ini demi profesionalisme perusahaan,” katanya.

Peran komisari di BUMD sendiri lanjut dia, harus memiliki visi dan misi yang bagus untuk perusahaan.

“Jangan hanya memikirkan menjadi ATM berjalan bagi yang punya kepentingan,” katanya.
Dia merasa prihatin dengn kondisi BUMD di Jabar saat ini. Dari 42 dua perusahaan, hanya beberapa BUMD saja yang memberikan keuntungan bagi pemprov Jabar.

“Jadi intinya BUMD ini jangan menjadi beban bagi pemprov Jabar. Seharusnya menjadi penghasil bagi pemprov,” ujarnya.

Share This

Leave a Reply