Jamin Akses Disabilitas di Pilgub Jabar, KPU Alokasikan Dana Rp6,5 Miliar

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar mengalokasikan anggaran hingga Rp6,5 miliar untuk mendukung aksesibilitas bagi kaum disabilitas di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018.

Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq memaparkan, anggaran tersebut akan digunakan untuk membiayai sosialisasi dengan kelompok pemilih disabilitas, pembuatan alat peraga untuk disabilitas, pengadaan template simulasi, bimtek pelayanan pemungutan suara bagi disabilitas, hingga penyediaan aplikasi khusus bagi kaum disabilitas.

“Kami berkomitmen untuk mewujudkan Pilgub Jabar yang ramah bagi disabilitas,” ungkap Endun di kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Selasa (18/4).

Bahkan, lanjut Endun, selain di level provinsi, program serupa juga akan digelar di masing-masing kabupaten/kota di Jabar. Pelaksanaan program juga akan melibatkan kaum disabilitas agar pelaksanaan program tepat sasaran dan bisa dipahami seluruh calon pemilih dari kalangan disabilitas.

“Total anggaran untuk mewujudkan Pilgub Jabar ramah lingkungan mencapai lebih dari Rp6,5 miliar dari total anggaran Pilgub Jabar sebesar Rp1,1 triliun lebih,” sebutnya.

Tidak hanya itu, KPU Jabar pun akan mengeluarkan kebijakan dalam pembentukan badan adhoc dimana kaum disabilitas diperbolehkan menjadi anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) maupun panitia pemungutan suara (PPS).

“Kemudian, KPU Jabar pun akan melakukan pemutakhiran data pemilih disabilitas by name by adress,” tambahnya.

Bahkan, dalam setiap kampanye pasangan calon, KPU Jabar pun akan berupaya mewujudkan kampanye yang ramah bagi kaum disabilitas, seperti adanya penerjemah bagi disabilitas rungu maupun naskah braille bagi disabilitas netra.

“Terakhir, pemungutan dan penghitungan suara pun akan sangat memperhatikan akses bagi kaum disabilitas, mulai dari setting TPS (tempat pemungutan suara, pelayanan petugas, hingga alat pelengkap yang nyaman bagi disabilitas,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply