Jalinan Kerja Sama Jawa Barat dan Gyeongsangbuk-Do Dilanjutkan

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menerima kunjungan delegasi Provinsi Gyeongsangbuk-Do, Korea Selatan, di Menara Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (27/12).

Kedua provinsi berkomitmen untuk meneruskan kerja sama di bidang olahraga serta menjajaki kerja sama di bidang lainnya.

Jabar-Gyeongsangbuk-Do telah melakukan kerja sama sejak 2010 lalu. Kerja sama khususnya untuk mendukung kontingen Jabar pada PON XVIII/ 2012 Riau dan PON XIX/2016 Jabar, yaitu program kepelatihan pelatih dan pelatihan atlet Jabar di Korea Selatan.

“Ada pelatih Korea datang ke Indonesia, ada pelatih kita diberangkatkan ke Korea. Ada juga atlet kita yang dikirim ke Korea. Jadi ada tiga tipe (kerja sama) ya. Hasilnya alhamdulillah, kita Juara Umum PON XIX di Jawa Barat dengan raihan medali yang cukup spektakuler, 217 medali emas,” terang Aher, sapaan akrab Heryawan seusai acara.

Ke depan, lanjut Aher, kedua provinsi pun menjajaki kerja sama untuk bidang lainnya, seperti pendidikan olahraga, bahkan bidang pertanian.

Dalam pertemuan ini, Aher pun mengenalkan kopi Java Preanger khas Jabar yang telah menjadi juara dunia kompetisi kopi di Atlanta, Amerika Serikat.

“Jadi kerja sama dengan Provinsi Gyeongsangbuk-Do dilanjutkan dan kita harapkan bisa berlanjut ke kerja sama bidang lainnya, termasuk kerja sama kopi,” harap Aher dalam pertemuan yang disambut tepuk tangan dan tawa delegasi Gyeongsangbuk-Do, Korea Selatan.

Atas prestasi yang telah berhasil diraih Jabar pada PON XIX/2016 Jabar, Wakil Ketua Komite Olahraga Provinsi Gyeongsangbuk-Do, Mr Kim Hayeong pun mengaku turut berbahagia dan memberikan ucapan selamat.

Senada dengan Aher, Kim juga berharap kerja sama Provinsi Gyeongsangbuk-Do-Jabar bisa berlanjut ke bidang lainnya.

“Dalam kurun waktu enam tahun lebih banyak perkembangan yang baik, dengan tujuan yang sama dan dengan usaha yang keras maka Jawa Barat bisa meraih juara umum di PON 2016 lalu,” tutur Kim dengan bahasa Korea.

“Kita harapkan kerja sama dengan Jawa Barat tidak hanya di bidang olahraga saja, namun berlanjut ke kerja sama di bidang lainnya. Hal ini diharapkan akan menjadi masa depan yang lebih baik bagi Jawa Barat dan Gyeongsangbuk-Do,” lanjut Kim.

Kerjasama Gyeongsangbuk-Do-Jabar sendiri diawali penandatanganan MoU pada Juni 2010 lalu. Kerja sama ini kemudian ditindaklanjuti Jabar dengan pengumuman implementasi kerja sama pada Mei 2011.

Kerja sama ini berupa program kepelatihan para pelatih dan atlet bersama beberapa universitas dan sekolah olahraga di Korea Selatan.

“Marilah kita saling berpegangan tangan untuk masa depan yang lebih baik,” pungkas Kim.

Share This

Leave a Reply