Jalan Tol Cisumdawu Mulai Dibuka April 2019

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ditargetkan bisa mulai digunakan 2019 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat mengatakan, 2019 mendatang, pembangunan Tol Cisumdawu seksi I dan II ditargetkan sudah rampung dan mulai digunakan.

“Seksi I dan II direncanakan selesai 2019. Diharapkan kontruksi 36 bulan, Oktober 2019 sudah beroperasi. Seksi tiga hingga enam direncanakan lebih cepat, yakni April 2019 ditargetkan bisa beroperasi,” kata Iwa di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (13/2).

Menurut Iwa, pembangunan Tol Cisumdawu kini telah digenjot oleh Satuan Kerja (Satker) Cisumdawu. Percepatan demi percepatan pun terus dilakukan. Pasalnya percepatan pembangunan Tol Cisumdawu dirasa sangat penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Jabar.

“Percepatan Tol Cisumdawu ini bisa meningkatkan perekonomian, meningkatkan kapasitas jalan, melengkapi jalan Tol Bandung-Jakarta-Cirebon, terkoneksi dengan Bandara Kertajati, dan sebagai jalur alternatif Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang serta pemecah kemacetan di wilayah pendidikan Jatinangor,” papar Iwa.

Iwa menyebutkan, panjang seksi satu Tol Cisumdawu mencapai sekitar 12,025 km yang dimulai dari interchange Tol Cileunyi hingga ke Rancakalong, Kabupaten Sumedang.

“Seksi dua panjang sekitar 17,05 km dan seksi seksi tiga hingga seksi enam panjangnya mencapai 32,8 km. Sehingga, total panjangnya 61,1 km lebih sampai ke interchange Dawuan Km 152 Tol Cipali,” sebutnya.

Menurut dia, khusus untuk seksi I dan II Tol Cisumdawu, pembangunannya akan menggunakan dana APBN dan dana pinjaman dari Pemerintah China.

Share This

Leave a Reply