Jadi Primadona, Tahun Ini Tahunnya Pancawarna Darson

Oleh: Ridwan Alamsyah

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Pesona batu akik asal Garut seolah tidak ada habisnya. Para pecinta batu akik pun seakan tak bosan-bosannya memburu berbagai jenis batu dari Kota Intan tersebut.

Setelah pecinta batu akik dibuat tergila-gila batu Ijo Garut dan batu Tosca Garut, kini pecinta batu akik mengalihkan perhatiannya kepada batu akik yang juga sama-sama berasal dari Garut, tepatnya di daerah Bungbulang.

Batu yang kini menjadi primadona para pecinta batu akik itu adalah batu Pancawarna (PW) Darson. Bahkan, saking banyaknya diburu, tahun ini, disebut-sebut juga sebagai tahunnya PW Darson.

“Nama Darson sendiri diambil dari pemilik galian yaitu Pak Darsono di Bungbulang. PW Darson memiliki ciri khas dominan warna oranye yang memberikan nuansa warna tersendiri, selain warna toska dan warna lainnya,” tutur Tirsalia, 42, salah seorang penjual batu akik di tenant Gemstone Center Bandung (GCB) di Lucky Square Mall Lantai 1, Jalan Terusan Jakarta, Antapani, Kota Bandung, Selasa (26/5).

Kepada Jurnal Bandung, Tirsa, panggilan akrabnya mengatakan, PW Darson kini mulai menunjukan taringnya. Dengan modal keindahan warna dan kualitas batunya, PW Darson pun akhirnya mendapat tempat di jajaran batu akik kelas premium.

Permintaan akan batu PW Darson sendiri, kata Tirsa, kini naik signifikan. Pada Maret lalu, PW Darson kualitas super seukuran kotak sabun terjual Rp1 juta. Namun, saat ini, PW Darson semacam itu dengan harga yang sama sulit ditemukan.

Bagi anda pemburu batu PW Darson, di salah satu Tenant GCB Lucky Square Mall Lantai 1, dapat ditemui batu PW Darson dengan pesona warnanya yang indah.

Bahkan, batu PW Darson di tempat itu konon didaulat sebagai juara kelas batu gambar. Dengan pesonanya itu pulalah, batu PW Darson tersebut dibanderol cukup wah, yakni sekitar Rp25 juta.

“Namun, masih bisa nego,” ucap pemiliknya.

Leave a Reply