Jabar Rawan Bencana, Legislator Ini Minta BPBD Beri Pelatihan Mitigasi pada Warga

Oleh: Bayu Wicaksana

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Masyarakat diimbau lebih waspada, terutama yang berada di kawasan rawan bencana. Sebab, saat ini, seluruh wilayah di Jawa Barat memasuki musim hujan dengan intensitas yang tinggi.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar Yod Mintaraga mengatakan, sebagian besar wilayah Jabar kini terancam bencana alam. Banjir dan longsor seakan akrab dengan Tatar Parahyangan di saat musim hujan.

Yod mengatakan, tingginya intensitas hujan di hampir semua daerah kerap menimbulkan bencana. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar lebih waspada dalam menghadapi musim penghujan ini.

Yod menilai, meski tanahnya subur, Jabar memiliki topografi yang berbukit hingga pegunungan. Sehingga, setiap musim penghujan, Jabar selalu diancam bencana alam.

“Menyelesaikan masalah bencana ini memang tak mudah. Salah satunya harus ada alih budi daya, alih lokasi, alih fungsi, sampai alih profesi. Jadi, solusinya tak bisa langsung dan harus bertahap,” beber Yod kepada jurnalbandung.com di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Senin (10/10).

Sebagai langkah nyata, Yod meminta peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) lebih ditingkatkan lagi, salah satunya dengan memberi berbagai pengetahuan kepada masyarakat terkait kebencanaan agar masyarakat memahami bencana yang mengintai mereka.

“Beri pelatihan mitigasi bencana, bagaimana cara bertindak saat bencana datang,” katanya.

Yod meminta aparat terkait segera menangani amblasnya jembatan Putrapinggan, di Kabupaten Pangandaran yang diterjang banjir, Minggu (9/10).

“Sebisa mungkin segera diatasi,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply