Jabar Optimistis Juara Umum Balap Motor

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Jawa Barat optimistis meraih juara umum cabang olahraga balap motor pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat. Selain memiliki persiapan yang matang, keyakinan ini pun berkaca pada hasil PON sebelumnya di Riau.

Ketua Umum Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jabar Rio Teguh Pribadi mengatakan, pada PON 2012 di Riau, Jabar meraih dua medali emas dan satu perunggu pada cabang olahraga balap motor. Selain itu, IMI Jabar tengah mempersiapan atlet terbaiknya untuk menghadapi PON 2016 mendatang.

Dari 16 atlet yang ada saat ini, kata dia, akan diseleksi menjadi 10 atlet. Salah satu penyeleksiannya akan dilakukan pada ajang Porda XII/2014.

“Akan menurunkan dua tim. Di mana satu tim wild card dan satu tim lagi melewati babak kualifikasi, dua atlet untuk cadangan,” kata Rio di Bandung.

Selain prestasi atlet-atletnya yang dinilai mumpuni, optimismenya ini bertambah karena kualitas sirkuit yang ada di Jabar sesuai dengan karakter pembalap Jabar. Hal ini pun tidak terlepas dari tingginya perhatian pemerintah terhadap perkembangan otomotif Jabar.

Tidak hanya itu, kata dia, belum lama ini IMI Jabar telah menandatangani nota kesepahaman dengan Polda Jabar untuk menyinergikan perizinan komunitas motor.

“Kita sudah bikin kesepakatan dengan Polda untuk mengurusi legalitas setiap komunitas motor, sehingga yang balap liar itu dengan mudah diketahui,” ujarnya.

Kendati begitu, menurutnya terdapat beberapa provinsi yang harus diwaspadai kekuatannya. Selain Jabar, DI Yogyakarta dan Jatim memiliki pembalap-pembalap yang berkelas.

“Tapi pada umumnya semua merata,” ucapnya.

Share This

Leave a Reply