Jabar Bantu Korban Banjir Bima Rp3 Miliar

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Pemprov Jawa Barat akan menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi korban banjir bandang di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan beserta rombongan dijadwalkan terbang menuju Kota Bima hari ini, Minggu (15/1).

Bantuan tersebut berupa dana sebesar Rp2 miliar yang bersumber dari APBD Jabar ditambah dana yang dikumpulkan melalui Baznas dan CSR BJB sebesar Rp1 miliar.

“Kita akan menyerahkan bantuan ke masyarakat Bima sebesar total Rp3 milyar,” ungkap Gubernur yang akrab disapa Aher itu, Jumat (13/1).

Untuk bantuan yang yang dikumpulkan melalui Baznas, lanjut Aher, akan diserahkan langsung kepada korban banjir melalui layanan Rumah Zakat di Kota Bima.

Aher menerangkan, dana tersebut diprioritaskan untuk memperbaiki sekolah-sekolah, layanan kesehatan, hingga tempat ibadah yang terkena dampak luapan sungai Padolo dan air bah.

Peristiwa yang terjadi pada 21 Desember 2016 lalu itu, juga telah menghanyutkan 121 rumah tinggal dan merusak puluhan rumah lainnya yang dihuni sekitar 1.300 jiwa.

“Kalau diperlukan ya untuk perbaikan sekolah, layanan kesehatan, masjid, karena kalau dalam bentuk layanan dapur umum atau logistik itu kelihatannya sudah di-cover oleh pemerintah pusat. Ini seperti ke Aceh dulu,” tutup Aher.

Share This

Leave a Reply