Inilah yang Membuat Deddy Mizwar Prihatin Saat Peringati Hari Anti Narkotika

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto Yuga Khalifatusalam
Foto Yuga Khalifatusalam

Jurnal Bandung – Tepat hari ini, Selasa (9/8), Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2016 diperingati. Ratusan pelajar dan mahasiswa berkumpul di halaman Gedung Sate, Jalan Dipenogoro, Kota Bandung untuk menolak narkoba bagi kehidupan.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyebutkan, berdasarkan data organisasi antinarkoba dunia, terdapat sekitar 246 juta orang atau 5,2% dari populasi penduduk dunia yang pernah menyalahgunakan narkoba.

“Ini merupakan wujud keprihatinan terhadap narkoba. Situasi global memberikan gambaran yang cukup memprihatinkan. Perbandingannya 1 dari 24 orang pernah menyalahgunakan narkoba,” ungkap Deddy kepada jurnalbandung.com di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (9/8).

Lebih lanjut Deddy mengungkapkan, di Indonesia sendiri‎, berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN), pada 2015, sebanyak 2,2% masyarakat Indonesia sudah menyalahgunakan narkoba.

‎Dia juga mengatakan, saat ini, terdapat 663 jenis narkoba yang tersebar di seluruh dunia dan 44 di antaranya sudah masuk ke Indonesia.

“Kerugian akibat narkoba ini mencapai 63 triliun, yang mencangkup biaya pembelian (narkoba), biaya rehabilitasi, hingga biaya perawatan rumah sakit. Narkoba ini dapat menghilangkan generasi bangsa,” paparnya.

Sesuai arahan Presiden Jokowi, lanjut Deddy, dia pun mengimbau masyarakat Jabar untuk memerangi narkoba. Jika menemukan hal yang mencurigakan terkait narkoba, kata Deddy, masyarakat diimbau untuk melapor kepada aparat penegak hukum.

Leave a Reply