Ini Amanat yang Diterima Hans untuk Hidupkan Lagu-lagu Koesplus

 

DENYUT musik asal band legendaris, KoesPlus hidup setiap pekannya. Melalui Hans Koes (49), lagu-lagu KoesPlus terdengar hampir setiap akhir pekan di berbagai kafe dan tempat pertunjukan lain di Kota Bandung. Hans sudah memilih karier di jalur ini karena sedari kecil ketika pertama kali berkenalan dengan musik sudah jatuh cinta pada grup band ini. .

Seperti menerima amanat, Hans berusaha menghidupkan semua lagu dari band yang digawangi Yon, Yok, Tonny, dan Mury ini. “Saat saya bertemu dengan Yon di Cimahi, saya berkesempatan ngobrol dengan Yon, bahkan Yon bilang kepada saya, terus nyanyikan lagu-lagu kami,” kenang Hanz Koes usai manggung di sebuah kafe di Bandung, akhir pekan kemarn.

Menerima dukungan dari Yon, Hanz menggunakan kesempatan manggung dari satu kafe ke kafe lain menyanyikan lagu-lagu band legendaris di hadapan para pecinta Koes Plus yang tergagung dalam  berbagai komunitas. Hanz yang memlliki vokal identik dengan suara Yon Koeswoyo dipandang memenuhi kerinduan para pecinta Koes Plus pada musik dan lagu-lagu dari band yang sempat dipenjarakan pada masa pemerintahan Soekarno.

Hanz bahkan sangat diandalkan oleh seluruh komunitas Koes Plus yang tersebar di Tanah Air, karena warna vokalnya sangat cocok dengan karakter vokal Yon Koeswoyo.

“Menurut penilaian Yon kepada saya, Yon mengakui kalau vokal saya mirip dengannya. Saat itu Yon bilang, suara saya lebih tinggi dar Yon, tapi dengan suara seperti itu mengingatkan Yon semasa muda dengan suara yang agak tinggi juga,” kisahnya.

Uniknya, dalam menghidupkan Koes Plus, Hanz tidak punya band pengiring yang dbentuk khusus, namun lebh ke additional player. Namun saat manggung, semua personal band sudah siap dan mengiringi lagu-lagu hits dari Cintamu Tlah Berlalu, Diana,  hingga Manis dan Sayang. (*)

Leave a Reply