Inggris pun Lirik Proyek Insfrastruktur di Jabar

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – Selain bersedia membantu Pemkot Bandung mewujudkan monorail dan cable car, Pemerintah Inggris pun melirik sejumlah proyek insfrastruktur di Jawa Barat.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengaku sangat tertarik berinvestasi di Jabar, khususnya dalam bidang infrastruktur.

“Jawa Barat adalah provinsi yang paling besar dan penting juga. Hari ini kami berdiskusi tentang infrastruktur, misalnya bandara,” sebutnya kepada Jurnal Bandung usai bertemu Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar di Gedung Sate Bandung, Kamis (19/3).

Sementara itu, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar membenarkan bahwa Pemerintah Inggris sangat tertarik berinvestasi di Jabar.

“Ya salah satunya mereka tertarik ke BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) Kertajati, infrastruktur, water treatment, dan segala macam,” sebutnya.

Menurut Deddy, kerja sama yang ditawarkan Inggris sangat menarik karena melibatkan pihak swasta yang memungkinkan mengalirnya investasi ke Jabar.

“Public private partnership, bagaimana menciptakan pihak swasta dengan sebuah feasibility study oleh professional Inggris. Ini yang memungkinkan akan mengalirnya investasi dari berbagai kalangan, bukan hanya pemerintah saja,” ujar Deddy.

Kerja sama tersebut bisa dilakukan dalam segala bidang. Namun, Deddy menyebutkan, yang menjadi perhatian Pemerintah Inggris adalah proyek BIJB Kertajati dan beberapa proyek jalan tol seperti tol Cisumdawu.

Leave a Reply