Ika Hasanuddin Berharap Inggit Ganarsih Dijadikan Panutan

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Dukungan terhadap Inggit Ganarsih menjadi pahlawan nasional terus mengalir, kali ini DPD PDIP Jabar akan berjuang mengajukan Inggit menjadi pahlawan nasional.

Menjadikan Inggit Pahlawan Nasional ini bukan tanpa alasan, pasalnya wanita  yang juga sebagai istri pertama Soekarno ini dianggap sudah berbuat banyak untuk bangsa Indonesia.

Ketua Biro Pemilih Perempuan PDIP Jabar, Ika Hasanuddin mengaku terharu ketika memasuki rumah pribadi Inggit Garnasih. Pasalnya di tempat tersebut menjadi cikal bakal perjuangan bangsa.

“Bayangkan perempuan pada masa itu tidak hanya memikirkan diri pribadinya¬† dan pasangannya tapi bagi kehidupan bangsa dan negera. Itu yang paling penting,”katanya kepada wartawan di Bandung, Rabu (21/2)

Ika menjelaskan Inggit berperan bukan hanya sebagai istri Presiden RI Pertama Ir Soekarno melainkan sebagai teman seperjuangan di berbagai bidang. Selain kodratnya sebagai istri, Inggit juga menanamkan rasa cinta kepada tanah air dan itu terus digelorakan dalam perjuangan bung Karno.

“Pada saat itu Bung Karno masih berusia 22 tahun sedangkan bu Inggit sudah 35 tahun. Bayangkan bukan hanya perut atau keluarga yang dipikirkan tapi beliau ingin meraih mimpi yang lebih besar buat bangsanya,”jelasnya

Istri Calon Gubernur PDIP Jabar, Tb Hasanuddin ini berpesan generasi muda khususnya kaum perempuan sebagai penerus bangsa harus mengingat kembali akan sosok pejuang perempuan yang jasa perjuangannya tidak begitu terlihat namun Inggit ibu pertiwi sesungguhnya.

“Sebetulnya ini adalah kesempatan yang paling baik di tengah hiruk pikuk situasi kebangsaan kita. Sosok ibu Inggit Garnasih bisa menjadi motivator dan penggerak perjuangana bangsa,”paparnya

Diharapkan muncul Ingit Garnasih generasi baru yang mau memperjuangkan nasib bangsa dan negara. Dia optimis jika ada yang mengikuti jejak kepahlawanan beliau akan menjadi Indonesia sebagai barometer dunia.

“Kalau saat ini terlahir Srikadi perjuangan bangsa di negara kita, saya yakin kelak Indonesia menjadi barometer percontohan dunia,”ujarnya

Share This

Leave a Reply