Hujan Melanda, Proyek Tol Soroja Kembali Molor

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – penyelesaian pembangunan Tol Soreang-pasir koja (Soroja) diprediksi kembali molor menyusul masih tingginya intensitas hujan belakangan ini.

‪Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa menerangkan, progres pengerjaan Tol Soroja kini sudah mencapai 70%. Namun, pihak kontraktor kini menghadapi kendala dalam pengerjaan timbunan. Padahal, kata Iwa, timbunan menjadi bagian penting dalam konstruksi karena berkaitan dengan pemadatan tanah.

“Kendalanya cuaca, hujan terus. Penimbunan tidak bisa dilakukan, padahal pekerjaan timbunan cukup besar juga,” ungkap Iwa di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (6/3).‬

‪Iwa meyakinkan, molornya pengerjaan proyek Tol Soroja tersebut di luar prediksi. Pasalnya, faktor cuaca yang menjadi penyebabnya pun di luar dugaan.

“Masalah timbunan tersebut tidak bisa dipaksakan karena akan berbahaya jika dipaksakan,” ujarnya.‬

‪Meskipun begitu, kata Iwa, pihak kontraktor bukan berarti berhenti total. Pihak kontraktor tetap bekerja, seperti halnya mengerjalan gerbang tol dan jembatan yang sebelumnya menjadi kendala.

“Jembatan, gerbang tol masih jalan terus,” sebutnya.

Dia menyatakan, jika April mendatang tak bisa rampung, Iwa memprediksi pekerjaan akan rampung Mei. Dia berharap, sebelum lebaran, tol sepanjang 10,57 kilometer itu digunakan pemudik. ‎‬

‪”Meleset-meleset mungkin Mei kalau hujan terus. Kalau struktur sih sudah selesai, timbunan nggak bisa dipaksakan. Pengennya bisa buat lebaran,” ujarnya seraya menyebut pembebasan lahan sudah mencapai 99,65 %.

Share This

Leave a Reply