Hujan Deras Melanda, Jalan Menuju Curug Cinulang Terputus

Oleh: Dadan Burhan AA.

Foto Dadan Burhan AA
Foto Dadan Burhan AA

Jurnal Bandung – Hujan deras terus mengguyur wilayah Bandung Raya, tidak terkecuali dengan Kabupaten Bandung. Akibatnya Selasa sore (12/4) akses jalan sepanjang 100 Meter di Kampung Japar Desa Dampit Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung terputus. Jalan terputus tersebut  menghubungkan  wilayah Curug Cinulang, Desa Tanjungwangi.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, sebelumnya kawasan tersebut diguyur hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang. Terputusnya jalan tersebut diakibatkan derasnya luapan arus Sungai Citarik akibat hujan deras  dan menggerus pondasi jalan. Akibatnya, material bangunan jalan tersebut yang tak jauh dari Sungai Citarik tergerus dan terbawa arus.

Warga kini terpaksa harus menunggu adanya perbaikan jalan atau pembuatan jalan darurat untuk akses keluar dari lokasi desanya. Sebelumnya, pada Selasa (12/4) malam warga sempat tak bisa beraktivitas berhubung akses jalan putus. Namun, Rabu (13/4) pagi warga sudah bisa melintas meski harus jalan kaki. Pasalnya, warga bersama Muspika Cicalengka dibantu TNI 330 langsung melakukan gotongroyong.
Bahkan, dalam waktu bersamaan terjadi pula jembatan roboh akibat tergerus air sungai Citarik.
Akses jalan lain tersebut berada di Desa Sindulang dan Desa Tegal Manggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Di kedua desa tersebut.

“Kami bersama warga dan Muspika Cicalengka langsung menangani agar akses warga tidak terganggu, Alhamdulillah Rabu pagi sudah bisa dilintasi lagi meski harus jalan kaki. Karena untuk kendaraan sampai saat ini belum bisa melintas,” ujar Camat Cicalengka Rizki Ahmad Nugraha kepada Jurnalbandung.com dilokasi kejadian, Jumat (15/4).

Rizki menyebutkan, untuk matrial longsoran jalan yang tergerus sejak Rabu, (13/4) sudah dibersihkan warga bersama Muspika dibantu dari pihak TNI Yonit 330, BPBD, TAGANA, Saptol PP, DISHUB.
“Kita menangani bencana ini bukan saja di wilayah Kecamatan Cicalengka, tetapi untuk warga Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang pun kita Bantu. Pasalnya, di lokasi ini merupakan akses jalan yang menghubungkan antar Kabupaten, yakni ke Cimanggung Kabupaten Sumedang,” ujar Camat Cicalengka.

Leave a Reply