Hujan Deras di Bandung Diprediksi hingga Akhir Tahun

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnal Bandung – Warga Bandung diimbau selalu waspada dan berhati-hati. Pasalnya, hujan deras yang terus turun belakangan ini diprediksi akan terjadi hingga akhir tahun 2016.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Ego Syachrial mengatakan, berdasarkan prediksi pihaknya, hujan deras yang terjadi di Bandung puncaknya akan terjadi pada Desember 2016 nanti.

Dia menyatakan, cuaca yang didominasi hujan deras ini tergolong ekstrem, bahkan berpotensi menyebabkan bencana alam jika tidak diantisipasi secara preventif.

“Curah hujan pada bulan ini sampai akhir tahun dalam kondisi di atas normal. Ini sangat memicu gerakan tanah hingga potensi gunung berapi,” ungkap Ego di kantor Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (10/11).

Berdasarkan database gerakan tanah yang dimiliki Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Geologi, selama masa kerja 2016, daerah yang paling sering terlanda bencana gerakan tanah adalah Jawa Barat dengan 87 kejadian atau 40% dari kejadian gerakan tanah di seluruh Indonesia.

Menurutnya, dari persentase kejadian itu, sebanyak 76 jiwa meninggal dunia, 28 orang luka – luka, serta lebih dari 1.000 bangunan mengalami kerusakan.

“Selama 2016, seluruh kejadian baik longsor maupun banjir. 40% dengan 87 kejadian di Jawa Barat. Korban 76 orang meninggal,” katanya.

Seperti diketahui, pascahujan deras pada Rabu 9 November 2016 lalu, sejumlah daerah mengalami bencana, di antaranya banjir parah di Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan Kota Cimahi. Bahkan, banjir pun hingga kini masih terus terjadi.

Share This

Leave a Reply