Heryawan Ingin Perpres Jatigede Ditandatangani SBY

foto net
foto net

Jurnal Bandung – Pemerintah Provinsi Jawa Barat berharap pemerintah pusat segera mengeluarkan peraturan presiden terkait penyelesaian dampak sosial akibat penggenangan Waduk Jatigede. Perpres tersebut penting sebagai payung hukum untuk menyelesaikan dampak sosial, sehingga waduk yang berlokasi di Kabupaten Sumedang itu bisa segera digenangi.

Bahkan, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berharap perpres tersebut dikeluarkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan segera mengakhiri jabatannya pada Oktober mendatang. “Saya menginginkan perpres-nya dikeluarkan pemerintah yang lama (Presiden SBY),” kata Heryawan usai menggelar rapat pimpinan Pemprov Jabar, di Gedung Sate, Bandung, Selasa (2/9).

Heryawan menjelaskan, meski saat ini pemerintah pusat memasuki masa transisi seiring akan berakhirnya masa jabatan SBY-Budiono, namun tidak berarti perpres terkait Waduk Jatigede tidak disiapkan. Terlebih, berbagai kajian dan evaluasi terkait penyelesaian dampak sosial akibat penggenangan Waduk Jatigede telah selesai dilakukan.

Sehingga, menurutnya perpres tersebut hanya tinggal ditandatangani oleh presiden. “Sudah terverifikasi, siapa yang berhak dan tidak. Alhamdulillah hitung-hitungannya (pemerintah pusat) lebih tinggi dari hitungan provinsi. Akan jadi masalah kalau hitungan provinsi lebih kecil,” bebernya.

Maka dari itu, Heryawan optimistis perpres tersebut akan segera terbit sebelum berakhirnya pemerintahan SBY-Budiono. “Optimis. Dan kita pemprov (akan) menyiapkan segala persyaratan supaya genangan tersebut bisa dilaksanakan,” katanya seraya menyebut dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar pertemuan dengan pemerintah pusat terkait Waduk Jatigede. (JB-01)

Share This

Leave a Reply