Hasil Survey Tinggi, Pengamat Ini Sebut Tidak Ada Jaminan Menang

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com –   Berbagai lembaga survey telah mengeluarkan hasil surveynya terhadap keempat pasangan Cagub-Cawagub Jawa Barat 2018.

Beberapa hasil survey menempatkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul sebagai pemenang dan Tubagus Hasanuddin (Kang Hasan) dan Anton Charliyan (Kang Anton) sebagai paslon yang memiliki polling terendah dari ketiga paslon lainnya.

Meski begitu, Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing mengatakan, hasil survey yang beredar tidak bisa dijadikan jaminan kemenangan oleh para pasangan calon.

“Tidak ada jaminan menang dari hasil survey, karena itu potret sesaat. Itu (Survey) tidak bisa dijadikan pegangan mutlak dalam menentukan pemenangnya,” ungkapnya saat dihubungi via telepon, Minggu (25/3).

Emrus yang juga Dosen Pascasarjana Universitas Pelita Harapan (UPH) menilai, seharusnya para surveyor tidak hanya memberi tahu hasil surveynya, tetapi juga memaparkan metodologi yang digunakan.

Metodologi tersebut, lanjut Emrus, menentukan kualitas dan keabsahan hasil survey tersebut.

“Selain itu, kita harus tahu pembiayanya siapa, apakah dari kelompok yang netral, itu semua harus dibongkar ke publik agar masyarakat tahu,” paparnya.

Emrus menambahkan, hasil survey bisa menjadi penggiring opini masyarakat dalam menentukan pilihan.

Oleh karenanya Ia menghimbau, agar masyarakat Jawa Barat lebih jeli dalam menentukan calon pemimpinnya.

Share This

Leave a Reply