Hasil Exit Pool UKRI, Prabowo-Sandi Menang di Angka 66,4%

Oleh : Yuga

Jurnalbandung.com – Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (Ukri) merilis hasil kajian akdemis.
Rektor Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) Boyke Setiawan mengatakan, melalui Lapitek Ukri, pihaknya menyatakan bahwa telah melakukan exit pool untuk pilpres 2019.
“Dari hasil exit pool yang dilakukan hari ini, capres Prabowo -Sandi memenangkan pilpres 2019 dengn angka 66,4%,” katanya kepada wartawan saat ditemui di Bandung, Rabu (17/4).
Dia menegaskan bahwa hasil exit pool ini bisa dipertanggung jawabkan. Pasalnya dilakukan dengan kajian akademik berdasarkan ilmu statistik.
“Kami membuat sekademis mungkin, semaksimal mungkin bahwa inilah hasil kajian dari Lapitek UKRI. Kami tidak ingin menilai hasil survei yang lain,” kata dia.
Adapun alasan memilih exit pool karena lebih cepat. Meski tidak mengetahui secara hukumnya, namun secara akademis statistiknya sama. Lalu kenapa publik harus yakin atas hasil ini, kata dia, karena survei ini dilakukan oleh akademisi.
“Kami yakin dengan hasil ini, sebab dilakukan oleh akademisi. Kalau kami ngarang pasti akan ketahuan, dari sisi kaidah statistiknya,” kata Boyke.

 

Adapun pendanaan exit pool, kata Boyke, sebetulnya tidak ada dana khusus, pihaknya mengaku ada UPT di bawah rektor.
“Kita manfaatkan fasilitas itu, dan tinggal mencari relawan untuk itu. Dana UKRI untuk UPT sekitar Rp200 juta. Kita beli alat, servernya 11 tapi tidak semua di UKRI, itu yang kita gunakan,” kata dia.

Share This

Leave a Reply