Hari Ini, Puncak Perayaan Cap Gomeh Digelar di Kota Bandung

Oleh: Ridwan Farid

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – Hari ini, Sabtu (14/3), Kota Bandung akan dimeriahkan oleh pertunjukan barongsai, karnaval, dan kolaborasi budaya Tiong Hoa dan lokal serta pertunjukan lain yang dikemas dalam acara Cap Go Meh.


Kemacetan lalu lintas pun diprediksi akan terjadi di kawasan yang akan dilalui peserta karnaval. Terlebih, perayaan Cap Go Meh tahun ini pun diprediksi akan lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ketua Komunitas Indonesia-Tionghoa Jawa Barat Deddy Widjaja mengatakan, perayaan Cap Go Meh yang merupakan puncak perayaan tahun baru Imlek ini merupakan momentum untuk bersyukur.

“Bersyukur karena NKRI ini satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Perbedaan budaya, agama, ras yang ada di dalamnya tetap membuat Indonesia menjadi negara yang aman,” ungkap Deddy kepada Jurnal Bandung, Jumat (13/3).‪

Pria yang juga menjabat Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jabar ini pun mengatakan, perayaan Cap Go Meh pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Akan ada pertunjukan barongsai, karnaval, kolaborasi dengan budaya lokal, dan lain-lain. Ini semacam hiburan rakyat. Semoga jadi setitik kontribusi agar Bandung bisa go internasional dan bisa memicu ekonomi masyarakat,” harap Deddy.

Rencananya, persiapan kirab budaya Cap Go Meh 2015 akan dimulai sejak pukul 12.00 WIB. Sementara kirab budaya akan dimulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Kirab budaya Cap Go Meh akan mengambil rute mulai dari Vihara Dharma Ramsi di Jalan Cibadak lalu menyeberang ke Jalan Sudirman hingga Jalan Kelenteng dan belok kanan ke arah Jalan Kebon Jati.

Setelah itu, kirab masuk ke Hyper Square (lewat pintu Kebon Jati) dan keluar lagi dari Hyper Square melewati pintu keluar Jalan Kebon Jati dan lurus terus melewati perempatan Gardujati- Pasirkaliki, kemudian mengarah ke Otista, Sudirman, Astana Anyar dan berakhir kembali di Cibadak.

Share This

Leave a Reply