Hari Ini, Persib Diarak Keliling Kota

Oleh: Fery Prakosa

foto: @simamaung
foto: @simamaung


Jurnal Bandung – Arak-arakan merayakan kemenangan Persib Bandung yang sukses meraih gelar juara Liga Super Indonesia (LSI) 2014 akan digelar hari ini, Minggu (9/11/2014) mulai pukul 14.00.

Para pemain Persib akan diarak keliling kota menggunakan dua bus bandros. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, arak-arakan akan dimulai pukul 2 siang agar tidak menimbulkan kemacetan parah mengingat bertepatan dengan akhir pekan.

“Dipilih mulainya jam 2 maksudnya¬† agar sudah melewati arus balik wisatawan, mereka sudah mulai banyak yang pulang. Sehingga dianalisa tidak akan banyak terjadi kemacetan karena bertabrakan dengan arus kendaraan pribadi dari wisatawan,” ujar Emil sapaan akrabnya pada wartawan usai menggelar diskusi rute di Pendopo, Kota Bandung, Sabtu (8/11).

Adapun rute yang diambil di antaranya kawasan Bandung bagian timur ke kawasan Bandung bagian barat dan berakhir di Lapangan Gasibu. Para rombongan punggawa Maung Bandung akan memulai konvoi dari seberang Mapolda Jawa Barat Jalan Soekarno-Hatta ke arah bunderan Cibiru dan belok ke arah Ujungberung melewati Jalan AH Nasution hingga ke Terminal Cicaheum.

Dari Terminal Cicaheum, rombongan akan berbelok ke arah Cicadas lalu belok ke arah Kiaracondong melewati flyover Kiaracondong hingga ke perempatan Binong. Dari perempatan Binong, rombongan akan belok ke arah Jalan Gatot Subroto dan maju hingga ke Cibereum melewati Jalan Asia Afrika dan Jalan Sudirman.

Dari Cibereum rombongan akan masuk ke Jalan Rajawali melewati Jalan Padjajaran, Wastukencana, Merdeka dan belok di Hotel Panghegar kearah Jalan Veteran. Rombongan juga akan melewati Jalan Ahmad Yani hingga perempatan Jalan Supratman dan berakhir di Lapangan Gasibu.

Emil mengatakan, rute dari kawasan Bandung bagian timur ke barat ini dilakukan agar semua warga di kawasan Kota Bandung terkunjungi.

“Intinya timur baratnya Bandung terkunjungi oleh ini. Oleh karena itu warga dengan tertib mendatangi rute-rute yang sudah ditentukan. Ini juga ajang bersilaturahmi dengan warga di timur dan barat,” jelas Emil.

Emil juga mengatakan, selain bus bandros yang akan membawa para pemain Persib, setiap kecamatan juga akan mengiringi dengan menggunakan mobil bak terbuka yang telah dihias.

“Mobil bak terbuka sumbangan tiap Kecamatan yang memuat bobotoh tiap kecamatan. Satu kecamatan satu mobil saja. Dengan dihias dan ada perkusian,” katanya.¬†

Di Gasibu, pesta rakyat untuk warga yang ingin melihat para punggawa Persib pun akan digelar. Emil mengimbau, untuk mengurangi penumpukan kendaraan, warga yang ingin menyaksikan para punggawa Maung Bandung bisa datang tanpa menggunakan kendaraan.

“Imbauan datang ke Gasibu, tapi kalo bisa jangan bawa kendaraan pribadi sebaiknya naik kendaraan umum atau kalau bisa jalan kaki,” ujar Emil.

Emil juga mengatakan, nantinya di Gasibu para punggawa Maung Bandung yang pulang membawa piala LSI akan disambut oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Selain itu, setiap kelurahan di Kota Bandung pun akan menyiapkan tumpengan. Acara dilanjutkan malam hari dengan pelepasan lampion ke udara.

“Kalau tidak ada halangan, akan disambut oleh Gubernur. Nanti juga ada musik di Jalan Diponegoro,” imbuhnya.

Emil juga mengimbau agar bobotoh yang berasal dari luar kota untuk tidak perlu ikut iring-iringan punggawa Persib di Bandung. Sebab, punggawa Persib juga akan mendatangi kota-kota di Jabar nantinya.

“Persib ini akan konvoi di masing-masing kota di Jabar, jadi ga perlu datang jika tidak urgent-urgent amat. Karena sudah kita usulkan agar piala ISL ini diarak di kota-kota di Jawa Barat. Sudah diusulkan ke PT PBB dan sedang dipertimbangkan,” ucapnya.

Leave a Reply