Hajiumroh, Alat Canggih Untuk Memonitor Jamaah Haji dan Umroh di Tanah Suci

Oleh: Redaksi

x-igent hajiumroh
Foto net

Jurnal Bandung – Perhelatan Akbar ajang kompetisi Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang lebih dikenal dengan Indonesia ICT Award (INAICTA) yang ke-9 telah selesai digelar.

Ajang kompetisi tersebut terbagi menjadi 15 kategori dan mencatatkan 1145 karya yang didaftarkan. Salah satu karya yang terdaftar adalah platform Hajiumroh, salah satu produk startup dari kota Bandung yang bernama X-Igent.

Pada ajang ini, Hajiumroh berhasil menjadi Winner INAICTA untuk kategori Tourism and Hospitality. Hajiumroh merupakan platform monitoring jamaah haji dan umroh selama berada di Tanah Suci yang dikembangkan sejak awal 2014 lalu.

Membantu jamaah haji dan umroh selama berada di tanah suci merupakan visi dari tim X-Igent. Untuk mencapai visi tersebut, Hajiumroh dilengkapi dengan aplikasi Android, website manajemen data dan ID holder sebagai perangkat tracking posisi jamaah haji dan umroh.

Alasan utama startup asal Bandung ini mengembangkan Hajiumroh, adalah banyaknya jamaah yang   tersesat saat melakukan ibadah haji atau umroh di Tanah Suci. Berdasarkan survey yang dilaksanakan oleh tim X-Igent, permasalahan tersebut kerap kali membuat petugas haji atau umroh kesulitan saat melakukan pencarian jamaah yang tersesat karena luasnya cakupan area haji atau umroh. Bahkan 2014 lalu, ada seorang jamaah haji hilang selama berhari-hari. Akhirnya, petugas haji menemukannya di rumah sakit dengan kondisi sudah meninggal dunia.

Platform yang telah dikembangkan adalah aplikasi Hajiumroh yang tersedia di Playstore dan website  manajemen data. Untuk dapat menggunakan aplikasi Hajiumroh, jamaah harus terdaftar pada  penyelenggara haji dan umroh yang telah bekerjasama dengan X-Igent, sedangkan website manajemen data diperuntukkan bagi penyelenggara haji dan umroh.

Untuk melengkapi platform Hajiumroh ini, X-Igent saat ini sedang melakukan riset untuk ID Holder. Dengan adanya ID Holder, petugas dapat memonitoring seluruh jamaah tanpa terkecuali. Harapan X-Igent, platform Hajiumroh dapat menjadi standar sistem keamanan pada pelaksanaan haji atau umroh di Indonesia.

Selain platform Hajiumroh, Startup yang beranggotakan Yudha  Maulana A, Rendy Azhari, dan Muhammad Ikram ini, juga memiliki produk lainnya yang dikenal dengan X-Igent Panic Button, sebuah platform keamanan yang dapat digunakan masyarakat saat menghadapi kondisi darurat. Kini, di Kota Bandung, X-Igent Panic Button telah terintegrasi dengan Bandung Command Center.

Share This

Leave a Reply