Hadirkan Robot Clean E, PD Kebersihan Sukses Raih Juara 1 Bandung Light Festival

Oleh: Redaksi

Foto Redaksi
Foto Redaksi

Jurnal Bandung – Kerja keras tim kreatif Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung untuk menghadirkan karya yang berbeda pada Bandung Light Festival akhirnya membuahkan hasil.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkot Bandung itu keluar sebagai juara 1 dalam acara puncak peringatan Hari Jadi ke-2016 Kota Bandung itu.

Seperti diketahui, dalam event yang cukup menyedot perhatian masyarakat tersebut, PD Kebersihan Kota Bandung menghadirkan Robot Clean E.

Terilhami film garapan Walt Disney, “Wall E”, tim kreatif PD Kebersihan Kota Bandung menciptakan Robot Clean E yang terbuat dari sekitar 1.600 sampah daur ulang ramah lingkungan.

Hasil kreasi PD Kebersihan tersebut akhirnya mendapat apresiasi. Tidak hanya dari masyarakat, tim penilai pun memberikan apreasiasinya dengan menempatkan PD Kebersihan Kota Bandung sebagai Juara 1 Bandung Ligh Festival.

Sementara, juara kedua dan ketiga masing-masih diraih Dinas Perhubungan Kota Bandung dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

Atas prestasi yang sukses diraih tersebut, Direktur Umum PD Kebersihan Kota Bandung Gungun Saptari Hidayat mengatakan, penghargaan ini dipersembahkan bagi para pejuang kebersihan yang selalu “bercahaya” sejak subuh.

“Sejak subuh, mereka menjaga kebersihan ketika sebagian besar orang masih terlelap tidur. Para supir dan kru truk sampah yang sehari-hari rela bergulat dengan bau dan “wanginya” sampah,” tutur Gungun kepada jurnalbandung.com, Senin (10/10).

Penghargaan ini pun didedikasikan kepada para karyawan PD Kebersihan Kota Bandung serta dinas kebersihan dimana pun yang menjadi tulang punggung kebersihan kotanya masing-masing.

‪Menurut Gungun, jasa para pejuang kebersihan sangatlah besar. Mereka rela bekerja saat sebagian masyarakat berwisata, menyapu jalan, mengangkut sampah, hingga melakukan gerakan pungut sampah.

Tak lupa, Gungun pun menyampaikan terima kasihnya kepada para akademisi, pegiat persampahan yang tak bosan berdiskusi, beraksi, dan berkolaborasi demi terciptanya kota dan negeri yang bersih, serta semua pihak yang telah peduli menjaga kebersihan.

“Semoga #IndobesiaBebasSampah adalah mimpi yang berwujud menjadi nyata,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply