Hadapi MEA, Pemprov Jabar Siap Bantu Suporting System

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Pemprov Jawa Barat berkomitmen mendukung masyarakat dalam menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 mendatang.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyebutkan, dukungan tersebut bisa berbentuk regulasi, pembentukan sumber daya manusia (SDM), berbagai bantuan, dan lain sebagainya.

“Sebenarnya kalau bicara bantuan saya kurang bersemangat, karena seringkali bantuan tersebut hilang begitu saja. Itulah yang selama ini menjadi persoalan hukum seperti bantuan sosial. Jadi kalau bicara bantuan mendingan dalam bentuk suporting sistem yang bermanfaat bagi masyarakat kita,” tutur Heryawan usai menghadiri Pembukaan Seminar Kehumasan yang mengangkat Persiapan Jawa Barat Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (27/11).

Oleh karena itu, pihaknya hanya akan memberikan bantuan pada masyarakat misalnya dalam bentuk kemudahan mengakses perbankan.

“Selama ini perbankan kita baru diakses oleh 20 persen warga negara. Ini berbahaya, mana mungkin akan ada pergulatan dengan uang kalau tidak berhubungan dengan perbankan. Kampanye kita juga harus berubah, dari Ayo Menabung ditambah menjadi Ayo menabung dan Ayo Meminjam. Karena kalau semuanya menabung siapa nanti meminjam. Siapa yang mendayagunakan uang tabungan tersebut?. Ketika kita sudah mempunyai skill, ambil tabungannya untuk modal usaha,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply