H-5 Lebaran Kondisi Lalin di Jalur Cileunyi-Nagreg Tarpantau Lancar

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com – H-5 lebaran kondisi arus lalu lintas di kawasan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Selasa (20/6) masih terpantau normal. Namun, sudah terlihat kendaraan pemudik baik roda dua mau pun roda empat yang melintasi kawasan Cileunyi hingga Nagreg.

Panit PJR Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi), Ipda Yayan mengatakan, pada H-5 lebaran kondisi arus lalu lintas yang melintas dan keluar dari gerbang tol Cileunyi masih normal dan relatif sama seperti hari biasa. Menurut dia, belum ada peningkatan jumlah volume kendaraan secara signifikan.

“Kondisi arus lalu lintas masih normal. Relatif sama dengan hari-hari biasa. Belum menunjukkan adanya peningkatan,” kata Yayan di Kantor PJR Tol Cileunyi, seraya¬† mengatakan jika Tol Cileunyi akan mulai dipadati pemudik pada H-3 lebaran.

Yayan mengungkapkan, pada H-4 lebaran yang jatuh pada esok hari, kendaraan bermuatan besar juga sudah dilarang untuk masuk ke dalam tol hingga H+3. Itu sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat).

Selain itu, kata Yayan, kendaraan besar pengangkut material seperti tanah, pasir atau pun batu bara juga sudah dilarang melintas. Pemberlakuannya bahkan ditetapkan sejak H-7 lebaran atau pada Minggu (18/6).

“Kendaraan dengan angkutan diatas 14 ton, sumbu tiga atau lebih sudah dilarang beroperasi atau melintas di jalan tol atau jalur mudik. Kecuali yang membawa sembako, bahan bakar minyak atau gas, ternak, dan angkutan gratis pengangkut sepeda motor untuk mudik,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply