Gubernur Ridwan Kamil Imbau ASN Pemprov Jabar tidak Terlibat Politik Praktis

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com  – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) dilingkungan pemprov Jabar agar tidak ikut dalam kegiatan politik praktis.

Dia mengatakan, ASN harus fokus terhadap program kerja yang sudah dibuatnya. Menurut dia, cukup dirinya dan Uu (Wagub Jabar) yang terlibat kegiatan politik.

Karena menurutnya dia, saat ini pihaknya memiliki 700 program untuk menjadikan Jabar juara lahir batin. Jadi seluruh ASN harus fokus terhadap 700 program ini.

“Kekurang sempurnaan dalam kemanusiaan, itu kalau dibangun Jabar Juara lahir batin itu sampai, mesinnya itu adalah bapak ibu semua, kira kira begitu, nah lima tahun ke depan kita banyak program, 700an program,” katanya.

Ridwan Kamil menuturkan, 700 program itu agar diterjemahkan oleh para ASN dengan birokrasi yang mudah. “ASN harus seperti air, dulu wadahnya kotak, jadi air seperti kotak. Sekarang, wadahnya bulat, silinder, ASN pun mengikuti menjadi air yang mengikuti wadahnya yang silinder,” ujarnya.

“Jaman sekarang saya buka online, 5,500 aspirasi dari se jawa barat ditulis oleh 10 profesor, 133 doktor, dokumennya tebelnya 800 halaman untuk jadi bahan RPJMD yang harus diterjemahkan Pak Sekda dan jajaran menjadi bahasa nomenklatur yang birokratis,” katanya.

Leave a Reply