Gubernur Jabar Ingin Rakyat Miliki Pengetahuan Luas

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menjelaskan pentingnya membaca bagi kemajuan sebuah bangsa.

Menurut dia bangsa yang maju adalah ketika rakyatnya memiliki pengetahuan yang luas. Dan pengetahuan tersebut lanjut Aher, didapat dari membaca.

“Kita nggak pernah persoalkan peresmiannya, tetapi substansi dari perpustakaan itu. Bangsa yang besar bisa dibangun anak bangsa yang memiliki pengetahuan memadai,” kata dia usai meresmikan Gedung Perpustakaan di Pesantren Badahiyatul Falah, Cikoneng, Kecamatan Neglasari, Cikelet, Kabupaten Garut, Senin (5/2).

Menurut dia, pengetahuan memadai bisa didapat dari kebiasaan membaca, belajar, dan sumber bacaan itu salah satunya ada di perpustakaan.

Aher mengapresiasi pihak pesantren yang mau membangun perpustakaan demi kemajuan para santrinya.

“Insya  Alloh dinas terkait di Garut dan Pemprov Jabar akan membantu melengkapi koleksi buku-bukunya,” kata dia.

Menurut dia, wakaf buku ini penting, sepertihalnya wakaf tanah untuk masa  depan.

Aher pun mengapresiasi karya tulis  santri pesantren ini. Karena mereka masih SMA, maka karyanya bermuatan humanis dan reliji.

“Jadi di sini setiap siswa kelas 3 atau 12 diwajibkan membuat karya tulis sebelum lulus. Dan itu sangat baik, maka kita harus dorong mereka melalui pembelajaran karya tulis,” tutur dia.

Dengan begitu, kata dia, mereka akan menjadi generasi bermakna di tengah masyarakat Garut ke depan.

Leave a Reply