Gubernur Jabar Ingin Kolaborasi dengan Anggota DPRD Terpilih 

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar ingin menjadikan provinsi sebagai daerah percontohan pembangunan yang berkelanjutan.

“Jadi, yang baik-baik, yang prestatif dari Pak Aher (Ahmad Heryawan) gubernur terdahulu, kami lanjutkan. Bahkan dalam penerimaan piala-piala (penghargaan) untuk Jawa Barat, saya selalu Insyaallah adil, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur terdahulu yang memang bekerja keras,” kata Emil.

“Jawa Barat harus jadi contoh keberlanjutan, kesinambungan dari pembangunan,” tegasnya.

Emil pun menyampaikan belasungkawa kepada 173 petugas penyelenggaran pemilu di Jabar yang meninggal dunia. Menurut Emil, hal itu menandakan mahalnya demokrasi di Indonesia.

“Saya pribadi mendukung kalau Pileg dan Pilpres kalau bisa jangan digabung (pelaksanaannya). Mudah-mudahan dan saya dengar wacananya sudah ke arah sana. Saya kira akan lebih menguntungkan khususnya dari kaca mata pileg,” ucap Emil.

Menurut Ketua KPU Jabar Rifqi Alimubarok, pihaknya sudah menetapkan partai politik (parpol) yang memperoleh kursi di DPRD Jabar Periode 2019-2024 pada Selasa (13/8). Dari 16 parpol peserta pemilu di Jabar, ada 10 parpol yang memperoleh kursi.

“Sekarang ada penambahan (kursi di DPRD Jabar). Ada 120 kursi, dari (sebelumnya) 100 jadi 120,” tutur Rifqi.

Adapun, parpol yang memperoleh kursi DPRD Jabar yakni Partai Gerindra (25 kursi), PKS (21), PDI Perjuangan (20), Partai Golkar (16), PKB (12), Partai Demokrat (11), PAN (7), Partai Nasdem (4), PPP (3), dan Partai Perindo (1).

“Dari 120 yang terpilih ada 45 orang petahana atau muka lama atau sekitar 37 persen anggota lama. Dan ada 75 anggota DPRD yang baru atau sekitar 63 persen anggota baru,” ujar Rifqi.

“Jadi, sekarang mayoritas anggota DPRD Jawa Barat adalah wajah baru, dan sekitar 19 persen anggota DPRD Jabar adalah perempuan,” tambahnya.

Rifqi pun berharap bersama para anggota DPRD Jabar Terpilih 2019-2024 bisa membangun demokrasi di Jawa Barat yang lebih baik.

“Selamat kepada calon terpilih untuk mengemban amanah dan menjalankan tugasnya untuk lima tahun yang akan datang,” kata Rifqi.

“Saya berharap kita semua dapat membangun Pemilu Jawa Barat yang lebih baik lagi,” tambahnya.

Untuk itu, Rifqi memastikan bahwa tahapan Pemilu di Jawa Barat berjalan dengan baik dan lancar. Tingkat akurasi data juga diharapkan bisa meningkat di masa yang akan datang.

“Akurasi data pemilih di Jawa Barat sudah meningkat. Kita (Provinsi Jawa Barat) tidak termasuk sepuluh provinsi yang data pemilunya kurang valid,” ucap Rifqi

Share This

Leave a Reply